Palu, (antarasulteng.com) - Pemerintah Sulawesi Tengah menjamin stok sapi potong untuk keperluan kurban di hari raya Idul Adha 2013 ini mencukupi kebutuhan masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan Sulteng Faisal Mang di Palu, Minggu, mengatakan sejak dari dulu kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi sendiri dari produksi peternak di daerah ini.

Ia mengatakan populasi ternak potong di Sulteng setiap tahunnya meningkat cukup menggembirakan.

Bahkan produksi ternak sapi di Sulteng sebagian diantarpulaukan para pedagang keluar, terutama ke Kalimatan Timur.

Menurut dia, dengan kondisi populasi sekarang ini, masyarakat Sulteng tidak akan pernah kekurangan daging di pasaran karena stok sapi potong cukup tersedia dalam jumlah memadai.

Masyarakat tak perlu khawatir kekurangan stok ternak kurban, sebab, Sulteng sendiri dapat memenuhi dengan produksi ternak lokal.

Berdasarkan data yang ada setiap bulan hampir 2.000 ekor sapi disembelih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di 10 kabupaten dan Kota Palu.

Populasi ternak sapi di Sulteng sesuai hasil sensus pada 2012, tercatat 257 ribu ekor tersebar di Kabupaten Poso, Morowali, Tojo Una-Una, Sigi, Donggala, Buol, Tolitoli, Banggai, Banggai Kepulauan, Parigi Moutong dan Kota Palu.

Faisal juga mengaku harga daging sapi di pasaran saat ini stabil berkisar Rp75.000,00 per kilogram. (skd)

Editor: Santoso
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar