Robot PENS "EFFIRO" Kalahkan Israel Dan Amerika

id robot

Robot PENS "EFFIRO" Kalahkan Israel Dan Amerika

Ilustrai ((FOTO ANTARA/Regina Safri))

Surabaya (antarasulteng.com) - Tim Robot PENS "EFFIRO" yang menjadi juara lomba robot pemadam api internasional "Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2014" di Trinity College, Hartford, Connecticut, AS, 5-6 April 2014, mampu mengalahkan tim-tim Israel dan Amerika.

"Kami bangga, karena mampu menjadi juara dalam lomba yang baru pertama kali diikuti PENS, apalagi menyisihkan tim-tim hebat dari Israel dan Amerika," kata anggota Tim Robot EFFIRO Saiful Fatoni  Rabu malam.

Saiful mengatakan hal itu di sela-sela penyambutan kedatangan tim PENS  (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)  oleh Mendikbud Mohammad Nuh di Terminal 2 Internasional Bandara Juanda Surabaya.

Mahasiswa Teknik Mekatronika (D4) PENS itu mengaku Tim Israel merupakan juara tahun lalu, tapi PENS mampu mengalahkan puluhan robot pemadam api dari enam negara, yakni Israel, AS, Kanada, Kuwait, Armenia, dan Indonesia, bahkan capaian waktunya meninggalkan robot lainnya.

"Peserta divisi beroda ada 54 robot, sedangkan kelas berkaki ada lima robot. Ikhtiar kami tidak sia-sia, meski kami harus mengurangi waktu istirahat untuk mengumpulkan bonus (penilaian) dan mempelajari strategi lawan melalui tayangan video tim lawan. Kami juga sering melakukan uji coba robot dan banyak berdoa," katanya.

Sementara itu, dosen pembimbing Tim PENS Eko Henfri Binugroho MSc menyebutkan bahwa skor pertandingan dilihat dari kecepatan waktu dalam menyelesaikan tugas untuk memadamkan api yang dicapai "10 besar" menunjukkan Tim PENS sangat membanggakan.

"Tiga robot pemadam api kategori beroda dari PENS adalah tim ER2C (PENS) yang mencatat waktu 6,533 detik, tim EFFiRo (PENS) dengan waktu 8,55 detik, dan tim PENS (PENS) dengan catatan waktu 9,303 detik, sedangkan tim Panther dari Israel pada posisi keempat dengan rentang waktu yang tercapai cukup jauh yakni 25,746 detik," katanya.

Untuk posisi kelima hingga ke-10 adalah Siliwangi 2.1 (Polban/36,117 detik), Gympy (46,568 detik), T3 (52,441 detik), Windows ME (80,391 detik), Lopsidol (178,646 detik), dan Theseus (615,954 detik).

"Untuk divisi "walking fire-fighting", ada lima tim robot pemadam api kategori berkaki yang berlaga dengan hasilnya adalah Walking EFFiRo (20,967 detik/PENS), Yudhistira 1.1 (32,962 detik/Polban), Yudhistira 1.2 (43,418 detik/Polban), BrushFire (1.114,123 detik), dan Caitlin 2.0 (2.340 detik)," katanya.

Kebanggaan juga terlihat dalam raut wajah Mendikbud Mohammad Nuh ketika menyambut kedatangan tim robot PENS yang menjadi juara lomba robot pemadam api internasional itu di Terminal 2 Kedatangan Internasional Bandara Juanda Surabaya.

"Kami bangga bisa kembali menunjukkan kepada dunia bahwa mahasiswa dan perguruan tinggi Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional," kata Nuh sembari memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan dosen pembimbing dalam tim itu.

Apalagi, anggota tim itu ada yang berasal dari penerima beasiswa Bidik Misi. "Itu membuktikan bahwa mereka dari keluarga tidak mampu pun bisa berprestasi jika diberi kesempatan, karena itu kita yang akan memberikan kesempatan itu," katanya. 

Tim PENS yang berangkat ke AS itu terdiri dari tiga mahasiswa, dua dosen pembimbing, dan seorangofficial. Ketiga mahasiswa adalah Mughni Syahid (D3-Elektro Industri), Derry Pratama (D4-Teknik Komputer) dan Saiful Fatoni (D4-Teknik Mekatronika). Tim EFFIRO itu dibimbing Eko Henfri Binugroho MSc dan Rahardita Widyatra Sudibyo S.ST.

Tim EFFIRO yang dikawal seorang official yakni Dr Endra Pitowarno M.Eng (pakar robotika PENS) itu membawa tiga robot beroda yang didaftarkan dengan nama dan karakteristik serta strategi yang berbeda yakni PENS, Senior EFFIRO dan ER2C.

Satu lagi Tim PENS yang tidak berangkat (robot berkaki) yang diberi nama Walking EFFIRO adalah Tim EILERO yang akhirnya menjadi juara pertama ada divisi robot berkaki.

Tim EILERO beranggotakan Miftahul Arrijal Rifai (D4-Teknik Elektronika), Dany Preistian (D4-Teknik Komputer), Koris Pramita (D4-Teknik Elektronika), Ervanudin (D4-Teknik Mekatronika), Muchammad Chanif Qomaruddin (D4-Teknik Elektronika) dan Akhmad Zackarya Rizqy S. (D4 Teknik Elektronika).

Empat orang anggota tim adalah mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi, yakni Mughni Syahid (D3-Elektro Industri), Dany Preistian (D4-Teknik Komputer), Ervanudin (D4-Teknik Mekatronika), dan Akhmad Zackarya Rizqy S. (D4 Teknik Elektronika). (skd)