PPP: Proporsional Terbuka Perlu Ditinjau Ulang

id ppp

PPP: Proporsional Terbuka Perlu Ditinjau Ulang

Ketua DPW PPP Sulawesi Tengah (tengah) saat memberikan penjelasan kesiapan pelaksanaan Musyawarah Kerja Wilayah Khusus (Mukerwilsus) di Palu, Kamis. (Adha Nadjemuddin)

Setelah melihat, mengevaluasi dan mengkaji lebih jauh pelaksanaan Pemilu 2014 dan hasil-hasilnya, saya lebih cenderung kita kembali ke proporsional tertutup. Kembalikan ke nomor urut calon legislatif
Palu,  (antarasulteng.com) - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Sulawesi Tengah Asgar Djuhaepa mengatakan sistem proporsional terbuka pada pemilu legislatif perlu ditinjau kembali.

"Setelah melihat, mengevaluasi dan mengkaji lebih jauh pelaksanaan Pemilu 2014 dan hasil-hasilnya, saya lebih cenderung kita kembali ke proporsional tertutup. Kembalikan ke nomor urut calon legislatif," kata Asgar di Palu, Kamis.

Dia mengatakan tatanan demokrasi melalui sistem proporsional terbuka menjadi tidak sehat karena kompetisi antarcalon legislatif lebih mengedepankan kemampuan materi dibanding kemampuan sumber daya manusia dan integritas dalam memengaruhi pemilih.

"Sekarang walaupun anda pintar, taat, integritas bagus, tapi kalau tidak uang ya percuma," katanya.

Dia mengatakan beberapa kejadian dari kegiatan politik pada Pemilu 2014 sudah menyolok karena oknum-oknum calon legislatif sudah terang-terangan bermain uang.

"Masyarakat akhirnya gampang melupakan jasa orang-orang baik, orang-orang yang pernah berbuat untuk daerah. Semua hilang karena dipengaruhi uang," katanya.

Dia mengatakan jika kembali ke proporsional tertutup, hanya berdasarkan nomor urut maka kompetisi pencalonan berdasarkan politik uang bisa diminimalisir.

"Sehingga partai politik akan menempatkan orang-orangnya yang hebat dan terseleksi," katanya.

Asgar mengakui pikiran tersebut mendapat banyak tantangan di tengah tingginya respons masyarakat dan politisi atas sistem proporsional terbuka tersebut.

Asgar yang saat ini masih menjabat Ketua Komisi III DPRD Sulawesi Tengah mengatakan dirinya berpeluang terpilih kembali dari daerah pemilihan Donggala dan Sigi.

Wakil Sekretaris DPW PPP Sulawesi Tengah Abd Azis mengatakan PPP telah mengantongi 29 ribu suara.(skd)