Arus Balik Di Terminal Palu Masih Sepi

id terminal, bis

Arus Balik Di Terminal Palu Masih Sepi

Aktivitas penumpang di terminal mamboro (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Arus balik Lebaran menggunakan bus angkutan kota antarprovinsi dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP dan AKDP)di dua terminal di Kota Palu, Sulawesi Tengah, hari kedua setelah Lebaran masih tampak sepi.

Pantauan Antara di Terminal Tipo yang terletak di Kecamatan Palu Barat dan Terminal Mamboro di Kecamatan Palu Utara, Rabu, arus balik belum terlihat.

Di dua terminal itu, tidak ada satupun bus AKAP dan AKDP yang tiba maupun diberangkatkan pada hari ini.

Yang terlihat hanyalah beberapa petugas Dinas Perhubungan dan polisi yang duduk di posko pengamanan angkutan mudik (PAM) Lebaran yang ada du dua terminal tersebut.

"Kondisi seperti ini sudah biasa terjadi pada setiap Lebaran," kata Kepala Terminal Mamboro, Urfan Yahya.

Apalagi, katanya, hari kerja masuk kantor dan sekolah baru akan dimulai pada Senin (4/8).

Kemungkinan besar, katanya arus balik Lebaran melalui jalur darat menggunakan bus-bus AKAP dan AKDP dari dan ke Kota Palu diperkirakan mulai meningkat pada Sabtu (2/8) dan Minggu (3/8) 2014.

Meski arus balik Lebaran belum mengalir, namun semua petugas, termasuk yang ada di posko PAM Lebaran di terminal tetap siaga.

Semua petugas Dinas Perhubungan dan aparat tetap menjalankan tugasnya hingga waktu yang telah ditetapkan baru bisa meninggalkan posko tersebut.

Hingga kini, katanya belum ada laporan adanya musibah kecelakaan yang dialami bus-bus AKAP dan AKDP yang mengakut arus mudik maupun balik Lebaran.

"Juga tidak kejadian berarti di sejumlah titik rawan kecelakaan dan bencana tanah longsor, termasuk di ruas Taweli-Toboli yang selama ini merupakan jalur vital penghubung Trans Sulawesi ke Palu," katanya. (skd)