DPRD Palu Gelar Pansus Pascalibur Lebaran

id pansus, dprd, palu

DPRD Palu Gelar Pansus Pascalibur Lebaran

Palu,  (Antarasulteng.com) - DPRD Kota Palu langsung menggelar rapat panitia khusus pada hari pertama kerja setelah libur panjang Idul Fitri 1435 Hijriah di Palu, Senin.

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Palu Yos Soedarso Mardjuni dan dihadiri oleh dua kelompok panitia khusus yang bertugas membahas tujuh rancangan peraturan daerah yang diajukan pemerintah kota setempat pada Juli 2014.

Yos Soedarso mengatakan DPRD akan memacu kinerja panitia khusus mengingat waktu semakin mepet sementara banyak rancangan peraturan daerah yang segera ditetapkan.

"Kita pacu penyelesaian sejumlah agenda DPRD Kota mengingat waktu semakin mepet, karena tidak lama lagi terjadi pergantian anggota dewan," katanya.

Dari dua kelompok panitia khusus, masing-masing panitia khusus II yang diketuai Andi Patongai diantaranya membahas Raperda tentang Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Raperda tentang Analisis Dampak Lalu Lintas dan Raperda tentang Izin Lokasi.

Sementara itu panitia khusus I yang diketuai Ernawati membahas tentang PT Bangun Palu Sulteng, Raperda tentang Perubahan kedua atas Perda Nomor 7 /2011 tentang Retribusi Jasa Usaha, dan Raperda tentang Perubahan kedua atas Perda Nomor 8/2011 tentang Retribusi Jasa Umum, serta Raperda tentang Pengalokasian Anggaran Penyelenggaraan Bantuan Hukum.

Masing-masing panitia khusus tersebut tengah konsentrasi menyelesaikan sejumlah agenda pembahasan. Panitia khusus I, misalnya, menggelar rapat tertutup untuk selanjutnya hasilnya akan dilaporkan pada rapat panitia khusus terbuka.

Rencananya panitia khusus akan melakukan kunjungan kerja ke Bitung dan Jakarta dalam rangka mengkomunikasikan rancangan Perda tentang Badan Administrator KEK dan PT Bangun Palu Sulteng.

Yos Soedarso mengatakan pilihan panitia khusus mengunjungi Bitung, Sulawesi Utara, karena daerah tersebut telah menetapkan perusahaan daerah sebagai BUMD yang akan bermitra dengan investor dalam pengelolaan KEK Bitung.