Bulog Sulteng Mulai Jual Ikan Tuna

id ikan, tuna, bulog

Palu (antarasulteng.com) - Bulog Sulawesi Tengah dalam usaha komersial merencanakan untuk mengembangkan beberapa usaha baru, di antaranya menjual ikan tuna guna menambah penghasilan perusahaan.

"Dalam waktu dekat ini bisnis ikan tuna akan digarap Bulog Sulteng," kata Kepala Perum Bulog setempat, Mar`uf di Palu, Kamis.

Ia mengatakan Bulog akan membeli ikan tuna dari nelayan atau pedagang dan selanjutnya akan dijual kembali ke sejumlah daerah di tanah air.

Menurut dia, sudah ada pengusaha yang telah bekerja sama dengan Bulog dalam hal bisnis ikan tuna.

Kedua pengusaha yang sudah pasti akan membeli semua ikan tuna yang ditampung Bulog Sulteng tersebut di Bali dan Makassar.

Mereka pada prinsipnya sudah siap untuk merealisasikan bisnis dimaksud.

Mar`uf mengaku hingga kini belum ada kesepakatan mengenai berapa besar yang dibutuhkan setiap hari atau bulan.

"Begitu pula soal harga belum disepakati," katanya

Yang sudah pasti adalah jenis ikan tuna yang akan dibeli Bulog Sulteng dan dijual kepada pengusaha di Bali dan Makassar terdiri dua jenis.

Jenis ikan tuna besar khusus dijual kepada pengusaha di Bali dan jenis ikan tuna bayi dijual ke Makassar. "Dua jenis ikan tuna ini yang mereka pesan," katanya.

Ia mengatakan untuk kelancaran bisnis ikan tuna, Bulog Sulteng tentu akan menjalin kerja sama dengan para nelayan atau pedagang pengumpul.

Bisnis baru Bulog Sulteng tersebut jika dijalankan dengan baik dan profesional,niscaya akan menambah penghasilan Bulog secara keseluruhan.

Soal stok ikan tuna di perairan Sulteng cukup besar sehingga tidak akan sulit untuk didapatkan. Perairan Sulteng cukup luas dan ikan tuna sangat banyak.

Selain bisnis ikan tuna, Bulog Sulteng juga sudah mulai membeli kedelai untuk memenuhi kebutuhan pasar di provinsi itu.

Bulog Sulteng sejak dua tahun terakhir telah mandiri dalam hal penyediaan pangan, khususnya beras. "Kami tidak lagi tergantung dari luar," katanya.

Dengan penambahan beberapa usaha, termasuk nanti perdagangan ikan tuna,niscaya Bulog Sulteng semakin mandiri.