1.527 Mahasiswa Ikuti Pesiminas XII Di Kalteng

id peksiminas

1.527 Mahasiswa Ikuti Pesiminas XII Di Kalteng

Peksiminas ke 12 tahun 214 di Kalimantan Tengah (peksiminas12ktg.com)

Kegiatan Peksiminas harus dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya provinsi ini kepada seluruh mahasiswa di Indonesia
Palangka Raya,  (antarasulteng.com) - Sebanyak 1.527 mahasiswa dari 31 provinsi di Indonesia berkumpul dan adu seni di Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka Pekan Seni Mahasiswa Nasional ke-XII.

Kegiatan Peksiminas harus dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya provinsi ini kepada seluruh mahasiswa di Indonesia, kata Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran di Palangka Raya, Senin.

"Kesenian di Kalteng sebenarnya layak bersaing di tingkat nasional maupun Internasional. Mahasiswa berperan penting mengembangkan dan memperkenalkannya bahkan memberikan nilai tambah dari segi ekonomi," tambah Diran.

Dia menyambut baik ditunjuknya Kalteng sebagai tuan rumah Peksiminas ke-XII, dan berharap kegiatan ini mendorong masyarakat di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini lebih mencintai kesenian Indonesia.

Mantan Bupati Barito Selatan dua periode itu mengatakan kegiatan melibatkan mahasiswa ini sangat strategis, karena masih memiliki kreativitas yang tinggi, dekat dengan masyarakat serta menjadi calon pemimpin bangsa.

"Seluruh seni di Indonesia kan ditampilkan dalam Peksiminas ini, jadi mahasiswa harus melihat betapa indahnya kesenian di Indonesia. Mahasiswa Kalteng juga harus pintar melihat cara daerah lain mengembangkan keseniannya," kata Diran.

Mahasiswa yang mengikuti Peksiminas ke-XII terdiri dari provinsi Kalteng, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Aceh, Banten, Bali, Bengkulu, Gorontalo, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kemudian, dari DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

1.527 mahasiswa dari 31 provinsi ini akan mengikuti lomba vokal grup, lagu pop hiburan, lagu dangdut, keroncong, seriosa serta tari-tarian. Kategori sastra lomba baca puisi, monolog, penulisan puisi, cerpen, dan lakon, maupun lomba desain poster, lukis, fotografi dan komik strip.

"Kami dari provinsi sangat mendukung kegiatan Peksiminas ke-XII. Kami kan memang selalu menginginkan berbagai kegiatan tingkat nasional rutin diadakan di Kalteng," demikian Wagub Kalteng itu.(skd)