Gubernur: Batan Ke Sulbar Bulan Depan

id adnan

Gubernur: Batan Ke Sulbar Bulan Depan

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh ( ANTARA FOTO/Aco Ahmad)

Mamuju,  (antarasulteng.com)- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dijadwalkan akan mengunjungi Provinsi Sulawesi Barat untuk mengkaji keberadaan uranium yang ada di Kabupaten Mamuju.

"Pemerintah di Sulbar telah menerima konfirmasi bahwa BATAN akan datang berkunjung ke Mamuju untuk meninjau kandungan uranium di Mamuju, pada bulan depan," kata Gubernur Sulbar di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, potensi kandungan uranium di Mamuju, ditinjau BATAN setelah Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) mengunjungi Sulbar saat ini untuk mengkaji dan melakukan pengawasan terhadap dampak radiasi uranium di Mamuju.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar memberikan apresiasi atas kunjungan BATAN tersebut dan berharap agar kandungan uranium di Mamuju dapat dijaga dan diupayakan akan tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi masyarakat ketika akan dikelola.

Kepala Bidang Pengkajian Industri dan Penelitian Badan pengawas tenaga nuklir (Bapetem), Dr Eng Yus Rusdian Akhmad laju dosis radiasi alam di atas rata-rata dunia sebesar 0,08 µSv/jam.

Ia menyebutkan, tingkat paparan radiasi cukup signifikan terdapat dua desa yaitu Desa Botteng dan Desa Takandeang dengan dosis radiasi sebesar 0,5 µSv/jam.

"Bapeten sendiri akan terus mengembangkan kajian terkait radiasi alam di Mamuju dari sudut pandang pengawasan Norm dan Tenorm, selain melakukan pencegahan terhadap radiasi uranium itu seperti meminta masyarakat agar membangun rumah dari kayu yang memiliki ventilasi udara yang baik," katanya.(skd)