Bupati Bone Bolango Dukung Pilkada Langsung

id hamim

Bupati Bone Bolango Dukung Pilkada Langsung

Bupati Bone Bolango Hamim Pou (antaranews)

Saya mendukung pilkada langsung, karena penekanannya adalah bekerja untuk rakyat
Gorontalo, (antarasulteng.com) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou  mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung, tanpa harus melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Menurut Hamim, Kamis, jika kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat maka bupati ataupun wali kota, bisa fokus bekerja untuk kerakyatan tanpa harus berurusan dengan kepentingan sekelompok orang.

Mekanisme pemilihan kepala daerah melalui DPRD dinilai tidak begitu relevan, sebab bupati ataupun wali kota bisa menjadi sandera sekelompok elit partai, sehingga fokus kerja bisa terganggu.

"Proses demokrasi saat ini sudah berjalan baik dengan memberikan hak kepada rakyat untuk langsung menentukan siapa kepala daerahnya," kata Hamim.

Kepala daerah adalah milik semua rakyatnya, tidak hanya milik sekelompok orang apalagi elit partai ataupun lainnya, sehingganya tanggung jawab bupati ataupun wali kota adalah kepada rakyat.

Jika kemudian kepala daerah ditentukan oleh para anggota legislatif di DPRD, maka peluang besar kepala daerah untuk melanggar tanggung jawab kepada rakyat lebih terbuka.

"Saya mendukung pilkada langsung, karena penekanannya adalah bekerja untuk rakyat," kata Hamim.

Pernyataan Hamim tersebut terkait dengan rencana revisi undang-undang pilkada yang rencananya kepala daerah dipilih oleh DPRD, tidak secara langsung oleh rakyat. (skd)