Sepak Takraw - Wagub Harap Atlet Sulteng Ukir Prestasi

id takraw

Sepak Takraw - Wagub Harap Atlet Sulteng Ukir Prestasi

Membela Merah Putih adalah cita-cita Akyko Kapito agar bisa mengharumkan nama Indonesia (ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Sudarto berharap atlet tuan rumah bisa mengukir prestasi terbaik di Kejurnas Sepak Takraw antar-PPLP ( Pusat Pendidikan Latihan Pelajar) yang berlangsung di GOR Siranindi Palu dari 25-28 September 2014.

"Selain sukses sebagai tuan rumah penyelenggara, juga prestasi," harap Wagub Sudarto ketika membuka kegiatan Kejurnas itu di Palu, Kamis.

Menurut dia, pemerintah tentu akan memperhatikan pembinaan atlet di daerah karena melalui olahraga akan mengharumkan nama Sulteng di tingkat nasional.

Cabang sepak takraw selama beberapa tahun ini telah mengukir prestasi cukup menggembirakan karena sejumlah atlet telah mengharumkan tim "Merah Putih" di berbagai kejuaraan internasional, termasuk Asean Games dan Sea Games.

"Saya mendapat laporan bahwa ada beberapa atlet Sulteng yang pernah mengharumkan nama Sulteng dan Indonesia di berbagai kejuaraan internasional," kata Sudarto.

Sulteng banyak melahirkan sejumlah atlet nasional dan hal ini perlu terus dipertahankan. "Bukan hanya dari cabang sepak takraw, tetapi cabang lainnya," kata wagub.

Pada Kejurnas antarPPLP yang berlangsung selama tiga hari tersebut, atlet putra dan putri tuan rumah Sulteng sangat diharapkan mampu mengukir prestasi cemerlang.

Wagub Sudarto juga minta para peserta untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas sebagai seorang olahragawan.

"Saya minta jika bertanding, bertandinglah dengan sportif sehingga ketika bisa mengukir prestasi benar-benar diperoleh dari hasil kerja keras dan bukan karena ada faktor lainnya," pinta Wagub Sudarto.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulteng, Yunan Lampasio mengatakan selain diikuti para atlet binaan PPLP, juga dari PPLP-D (Pusat Pendidikan Latihan Pelajar Daerah) dan Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO).

Ia mengatakan kalau PPLP itu sumber dananya dari APBN, sementara PPLPD/SKO dari APBD.

Kejurnas diikuti 13 provinsi untuk PPLP dan 10 provinsi khusus PPLPD dan SKO.

Kegiatan ini sekaligus untuk mengukur prestasi atlet selama setahun menjalani pembinaan di PPLP, PPLPD dan SKO di masing-masing provinsi di tanah air.

Menang

Pada pertandingan penyisihan, regu putra I tuan rumah Sulteng tampil percaya diri dan berhasil menang atas regu Sulawesi Barat (Sulbar) 2-0 (15-8 dan 15-5).

Tuan rumah menurunkan Moh Fadel (tekong), Sahrir (apit kanan) dan Renold (apit kiri).

Sementara ragu putra Sulbar menurunkan Aldi (tekong), Misramdi (apit kanan) dan Erwin (apit kiri).

Pertandingan antara tuan rumah Sulteng dengan Sulbar dipimpin wasit nasional Abdul Rajak.

Pertandingan berlangsung cepat dan terlihat dengan sangat mudah tuan rumah mencuri poin.(skd)