Program "Smart" Jangkau 15 Desa Di Mamuju Utara

id matra

Mamuju,  (antarasulteng.com)- Program desa "smart" yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Provinsi Sulawesi Barat telah menyentuh 15 desa untuk mendorong pembangunan sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mendorong pembangunan ekonomi.

"Program desa smart yang dicanangkan pemerintah di Matra sejak 2012 lalu telah menyentuh 15 desa dari 59 desa di Kabupaten Mamuju Utara, program itu juga untuk  memaksimalkan pelayanan publik di desa dalam rangka mempercepat pembangunan  daerah ini," kata Bupati Mamuju Utara Agus Ambo Djiwa di Mamuju Utara, Kamis
Ia mengatakan desa "smart" merupakan program pemerintah di kabupaten Mamuju Utara untuk memajukan pembangunan di Mamuju Utara agar terus berkembang secara ekonomi dan dapat setara dengan Kabupaten lainnya yang sudah maju di Indonesia.

Menurut dia, setiap tahun pemerintah menggelontorkan anggaran APBD mencapai Rp177 juta untuk setiap desa yang tersentuh program itu.

Agus mengatakan, seluruh desa di Mamuju Utara akan diupayakan dapat disentuh melalui program itu sehingga seluruh desa dapat maju dan berkembang mendorong kemajuan kabupaten Mamuju Utara.

Ia menjelaskan, program desa "smart" yang merupakan program dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik di Matra dengan membangun kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat agar pembangunan masyarakat yang sedang dipacu dapat semakin ditingkatkan.

Menurutnya, dalam program itu diantaranya akan diwujudkan sejumlah program yang diantaranya adalah program untuk meningkatkan penyuluhan pendidikan, kesehatan, hukum, keahlian kerja dan lainnya.

"Program itu dilaksanakan dengan cara pemerintah turun ke desa bermalam disana mendengarkan keluhan masyarakat dan diberikan solusi untuk pembangunannya," katanya.
Dia mengatakan tiap desa akan dipandu mengenai penyuluhan pendidikan, kesehatan, hukum, keahlian kerja dan lainnya untuk meningkatkan sumber daya masyarakat agar dapat mendukung terlaksananya pembangunan yang berjalan baik di Kabupaten Matra
Dia berharap dengan program Matra yang masih tertinggal dari segi sumber daya manusia dapat berkembang dan maju di masa mendatang.

Menanggapi itu, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh menyambut baik program itu karena dianggap akan sangat berperan dalam meningkatkan sumber daya manusia dan mendorong Kabupaten Mamuju Utara sebagai daerah berkembang.

"Mamuju Utara merupakan daerah paling tinggi pertumbuhan ekonominya di Sulbar mencapai 14 persen dan diharapkan peningkatan ekonomi di Mamuju Utara terus terjadi sehingga daeah itu dapat maju pesat dimasa mendatang," katanya.(skd)