Kirab Budaya Jokowi-JK Di Mata Rakyat

id jokowi

Kirab Budaya Jokowi-JK Di Mata Rakyat

Ilustrasis berita (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Boleh-boleh saja, yang penting tidak ada bentrok sana sini
Jakarta (antarasulteng.com) - Masyarakat menyebut kirab budaya yang digelar sebagai syukuran dilantiknya Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai simbol harapan baru rakyat Indonesia.

"Bagus-bagus saja, sebagai bentuk ungkapan kegembiraan rakyat atas pemimpin baru, mungkin juga bisa sebagai simbol kemenangan sekaligus harapan baru menaruh kepercayaan kepada pemimpin," kata Bagus Wijaya, seorang PNS di Jakarta, Sabtu.

Namun menurut Bagus acaranya harus terencana sehingga tidak mengganggu fasilitas dan kepentingan umum karena acara ini diselenggarakan pada hari kerja dan ketika semua layanan publik beroperasi.

Widha Laksitaningtyas, pegawai swasta, melontarkan pernyataan senada dengan Bagus dengan menyebut kirab budaya bisa memberi harapan agar Indonesia semakin maju dan menjadi negara besar yang berhasil membangun perekonomian, kesehatan, pendidikan dan kemandirian pangan.

"Boleh-boleh saja, yang penting tidak ada bentrok sana sini. Semoga acara ini jadi penyemangat, tapi jangan hanya ramai di depan, terus akhirnya melempem," ujar Widha.

Sementara itu, Endah Setyorini, warga Kudus, Jawa Tengah, menilai kirab budaya bisa menjadi hiburan gratis bagi rakyat karena banyak acara yang menampilkan tarian, musik dan pakaian tradisional Indonesia.

Endah berharap, berbagai persiapan, terutama rekayasa lalu lintas berjalan dengan lancar sehingga masyarakat tidak terlalu dirugikan oleh acara ini.

"Semoga panitia koordinasi bersama pihak Kepolisian RI benar-benar mempersiapkan acara ini sehingga di jalan-jalan yang bakal menerima limpahan arus kendaraan enggak macet parah," kata Endah.

Kirab budaya untuk merayakan pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla akan dilaksanakan Senin (20/10) dengan menyajikan pesta rakyat dan konser musik dari para relawan.

Acara mulai begitu pelantikan presiden dan wakil presiden usai, dan mulai dari depan Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Istana Kepresidenan di Jl. Merdeka, Jakarta, sekitar pukul 13.00.

Jokowi-JK akan diarak dengan kereta kencana dan diantar para pendukungnya menuju istana, diiringi karnaval batik, reog, ondel-ondel, barongsai, sepeda onthel, dan lainnya.

Setelah itu, sore harinya, Konser 3 Jari digelar di pelataran Monumen Nasional, yang akan dimeriahkan artis dan band papan atas ibu kota dan nasional.

Dalam konser ini, Jokowi akan menyapa rakyat untuk pertama kalinya sebagai Presiden ke-7 Republik Indonesia.(skd)