Pemkot Palu Jamin Ketersediaan Elpiji

id elpiji

Pemkot Palu Jamin Ketersediaan Elpiji

Masyarakat kesulitan mendapatkan gas elpiji. (Foto : ANTARA/ilustrasi)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu menjamin ketersediaan elpiji ukuran tiga kg dan 12 kg kendati ada peningkatan permintaan warga akan bahan bakar rumah tangga itu.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemerintah Kota Palu, Tamin Tombolotutu di Palu, Sabtu mengatakan distribusi elpiji dari pihak agen ke pedagang pengecer juga lancar.

Harga elpiji ukuran tiga kg tetap bertahan pada kisaran Rp16.000,00 sampai Rp17.000,00 per tabung dan elpiji 12 kg sekitar Rp140.000,00 per tabung.

Para para pengecer elpiji di kota itu mengatakan, elpiji yang paling banyak dicari masyarakat adalah ukuran tiga kg.

"Ada yang membeli sampai lima tabung elpiji tiga kg," kata Wayan, seorang pengecer elpiji di Jalan Emi Saelan, Kecamatan Palu Selatan.

Hal senada juga disampaikan Putu, seorang pengecer elpiji di Jalan Kancil, Kelurahan Tatura Selatan. Ia mengatakan permintaan masyarakat dalam sebulan terakhir ini cenderung meningkat dibandingkan sebelumnya.

Elpiji tiga kg sangat laris dijual dibandingkan 12 kg, katanya.

Seorang pengguna eliji, Ny Yuniar (45), mengaku beralih dari elpiji 12 kg menjadi tiga kilogram sejak sebulan lalu karena harganya terus naik sehingga menggunakan elpiji tiga kilogram lebih murah.

"Harga elpiji 12 kg Rp140 ribu per tabung. Kalau kita beli elpiji tiga kg sebanyak lima tabung hanya Rp60 ribu saja. Selisihnya cukup besar dan bisa membeli kebutuhan lainnya," kata dia.(skd)