Pemprov Sulteng Optimistis Target Produksi Padi Tercapai

id padi

Pemprov Sulteng Optimistis Target Produksi Padi Tercapai

Padi (antara)

Kami targetkan produksi padi petani Sulteng pada 2014 ini mencapai 1,120 juta ton
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemprov Sulawesi Tengah tetap optimistis target produksi padi pada musim panen 2014 ini tercapai sesuai yang diharapkan meski sudah tiga bulan berlangsung musim kemarau di daerah itu.

"Kami targetkan produksi padi petani Sulteng pada 2014 ini mencapai 1,120 juta ton," kata Kepala Dinas Pertanian Sulawesi Tengah, Trie Iriany Lamakampali di Palu, Selasa.

Ia mengatakan target tersebut meningkat dibandingkan sebelumnya 1,031 juta ton.

Hingga pada posisi angka ramalan I sampai Juni 2014, realisasi produksi padi petani Sulteng sudah mencapai 1,063 juta ton.

Melihat hasil produksi yang telah dicapai tersebut, ia yakin target produksi padi petani di Sulteng sangat memungkinkan tercapai.

"Kita tetap optimistis, meski selama tiga bulan terakhir ini seluruh wilayah Sulteng dilanda musim kemarau berkepanjangan," katanya.

Sulteng sejak 1984 telah mencapai swasembada beras. Selama ini Sulteng juga telah memberikan kontribusi besar terhadap kebutuhan beras stok nasional.

Dalam tiga tahun terakhir, Bulog Sulteng telah menyerap beras petani rata-rata diatas 30.000 ton.

Sementara pada 2014 ini, Bulog menargetkan pengadaan beras di Sulteng sebanyak 47.000 ton.

Ini membuktikan bahwa beras petani yang diserap untuk memenuhi kebutuhan stok beras nasional di daerah ini semakin besar dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Perum Bulog Sulteng, Mar`uf sebelumnya mengatakan realisasi pengadaan beras di daerah ini hingga September 2014 sekitar 17.000 ton.

Ia mengaku pengadaan tahun ini agak seret dibandingkan sebelumnya karena harga beras di tingkat petani rata-rata diatas harga pembelian pemerintah (HPP). Juga banyaknya pedagang dari luar yang datang ke Sulteng membeli beras petani.

HPP beras ditetapkan pemerintah sebesar Rp6.600/kg. Sedangkan harga beras di tingkat petani berkisar Rp7.200/kg.(skd)