REI Sulteng Butuh Pemimpin Yang Pengayom

id REI

REI Sulteng Butuh Pemimpin Yang Pengayom

Sebuah kompleks perumahan di Palu yang dibangun anggota REI Sulteng (ANTARA/Basri Marzuki)

Asosiasi ini kita harapkan bisa memberikan garansi akses permodalan," katanya.
Palu (antarasulteng.com) - Direktur Utama PT. Lintas Samudera Membangun M. Nizar Rahmatu mengatakan Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Tengah ke depan membutuhkan nakhoda yang bisa mengayomi dan memberdayakan seluruh anggota REI mengingat semakin baiknya iklim usaha perumahan di daerah itu.

"Ke depan kita butuh Ketua DPD REI yang bisa mengayomi, mengorganisasi REI dengan baik, minimal berbagi informasi dan pemberdayaan anggota," kata Nizar di Palu, Rabu, menyikapi rencana Musda DPD REI Sulawesi Tengah 27 Oktober 2014.

Dia mengatakan prospek bisnis perumahan di sejumlah kota di Sulawesi Tengah sangat menjanjikan mengigat daerah ini sedang tumbuh. Tidak heran kalau banyak pengusaha baru yang berinvestasi di bidang perumahan.

Di tengah membaiknya peluang itulah, kata Nizar, REI sebagai organisasi yang mengayomi seluruh perusahaan perumahan dituntut melakukan terobosan dan inovasi baru sehingga industri ini terus tumbuh subur dan berkontribusi dalam pengembangan pembangunan perkotaan di bidang perumahan.

"Misalnya, bagaimana REI berperan aktif dalam membangun kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka memudahkan anggotanya untuk mendapatkan izin," katanya.

Nizar mengatakan peran industri perumahan tidak bisa diabaikan kontribusinya dalam membangun kawasan-kawan baru siap tumbuh.

Tidak kalah pentingnya, kata dia, REI juga bisa memberikan kemudahan akses permodalan terhadap lembaga pembiayaan.

"Asosiasi ini kita harapkan bisa memberikan garansi akses permodalan," katanya.

Demikian halnya dalam penguatan sumber daya manusia, REI juga berperan penting karena belum semua perusahaan memiliki sumber daya yang cukup seperti di bidang pemasaran.

"Capasity building di bidang marketing, misalnya, kita masih lemah. Ada expo perumahan di Jakarta, kita tidak punya tenaga yang siap untuk mempublikasikan produk kita," katanya.

Karena itulah, kata dia, calon Ketua DPD REI Sulawesi Tengah mendatang sebaiknya pengusaha perumahan yang tumbuh dari bawah hingga ia bisa mencapai sukses sebagai pemilik perusahaan.

"Mereka inilah yang kita bisa harap membawa REI ke depan, sebab mereka sudah memahami betul seluk beluk bisnis perumahan," katanya. (A055)