BKM Tatura Selatan Salurkan Blm Tahap I

id pnpm

 BKM Tatura Selatan Salurkan Blm Tahap I

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Kewaspadaan Masyarakat (BKM) Maju Bersama Kelurahan Tatura Selatan Palu, Sulawesi Tengah, mulai menyalurkan dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) tahap I sebesar Rp45 juta.

Dana yang dialokasi pemerintah untuk program PNPM (program nasional pemberdayaan masyarakat) Mandiri Perkotaan itu diserahkan langsung oleh Lurah Tatura Selatan, Zamrud kepada delapan kk warga miskin yang memang sangat membutuhkanya di Palu, Kamis.

Lurah Zamrud meminta warga penerima bantuan tersebut dapat memanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.

"Jangan sampai dana itu digunakan untuk keperluan lain," kata dia.

Ia juga berharap semua penerima bantuan dimaksud dapat mempertanggungjawabkan dana yang sudah diterima dengan melengkapi nota atau kuitansi pembelian barang.

Sementara Ketua BKM Maju Bersama Kelurahan Tatura Selatan, Anas menjelaskan pada 2014 ini, pemerintah mengalokasikan anggaran BLM tahap pertama sebesar Rp75 juta.

Namun penggunaan anggaran disalurkan dalam dua tahap dan tahap pertama sebesar Rp45 juta dan kedua nanti sisanya sebesar Rp30 juta.

Ia mengatakan, dana yang disalurkan tahap pertama, seluruhnya diperuntukan bidang lingkungan yang meliputi bahan bangunan rumah (BBR), pembangunan jamban, listrik dan sarana air bersih untuk masyarakat miskin.

Sebelum warga penerima bantuan mendapatkan dana tersebut, telah lebih dahulu melalui survei lapangan oleh tim pendamping program PNMP bersama anggota BKM.

"Jadi warga yang menerima bantuan, semuanya warga miskin yang memang sangat layak mendapatkan bantuan dimaksud," kata Anas.

Dia juga berharap warga penerima bantuan dapat menggunakan dengan benar karena setelah bantuan tersebut dimanfaatkan akan ada pemeriksaan dari pihak inspektorat dan BPKP.

"Saya minta semua nota-nota pengadaan barang atau bahan bangunan dilengkapi dan dilampirkan dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) setiap item kegiatan," katanya.

Hajir Sulaeman, seorang dari penerima bantuan menyatakan sangat senang dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan warga miskin di daerah, termasuk di Kota Palu.

"Saya sangat senang dan tidak pernah menyangka akan mendapat bantuan BBR dan juga pembuatan jamban melalui program PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Tatura Selatan," katanya.

Ia juga berjanji akan segera memanfaatkan bantuan tersebut sesuai dengan peruntukannya.(skd)