Sail Tomini Momentum Promosi Komoditas Unggulan Daerah

id suaib

Sail Tomini Momentum Promosi Komoditas Unggulan Daerah

Mantan Kepala BPPMD Sulawesi Tengah DR H. Suaib Djafar, MSi (ANTARASulteng/Rolex Malaha)

Enam komoditas unggulan kita harus terpublikasi di momentum Sail Tomini. Ini kesempatan karena tamu-tamu kita juga banyak dari daerah dan luar negeri
Palu,  (antarasulteng.com) - Mantan Kepala Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Sulawesi Tengah Suaib Djafar, mengatakan Sail Tomini 2014 harus dimanfaatkan untuk kepentingan promosi komoditas unggulan di daerah ini.

"Enam komoditas unggulan kita harus terpublikasi di momentum Sail Tomini. Ini kesempatan karena tamu-tamu kita juga banyak dari daerah dan luar negeri," katanya di Palu, Jumat.

Untuk bisa mencapai misi tersebut kata dia, Sail Tomini sebaiknya mengagendakan forum bisnis sebagai bagian tak terpisahkan dari rangkaian Sail Tomini.

Menurut Suaib dalam rangka kesiapan promosi tersebut data base dari berbagai aspek tentang potensi unggulan perlu diperbaharui kembali sehingga pengunjung mendapat informasi valid tentang potensi yang dipromosikan.

"Misalnya, potensi kakao kita. Berapa luasan lahannya. Berapa produksinya. Dimana lokasinya. Bagaimana prosedur izin kalau ada investor dan sebagainya," kata Suaib.

Dia mengatakan promosi berbasis data sangat menunjang dan memudahkan calon investor yang melirik Sulawesi Tengah sebagai daerah sasaran investasi.

"Untuk bangun pabrik pengolahan rumput laut atau kakao, misalnya, dimana lokasinya. Berapa jarak dengan akses transportasi udara atau pelabuhan. Ini akan sangat memudahkan calon investor," katanya.

Dengan begitu kata dia, Sail Tomini tidak saja menjadi momentum untuk promosi kemaritiman tetapi juga untuk promosi kepentingan Sulawesi Tengah secara global.

Suaib mengatakan promosi perlu digencarkan mengingat saat ini pemerintah sedang menggiatkan hilirisasi khususnya di sektor pertanian.(skd)