Pembahasan APBD Perubahan Sulteng Provinsi Terancam Molor

id dprd

 Pembahasan APBD Perubahan Sulteng Provinsi Terancam Molor

Ilustrasi- DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Antaranews.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Sulawesi Tengah pada 2014 terancam molor karena alat kelengkapan DPRD setempat belum terbentuk.

Ketua Fraksi Amanat Sejahtera DPRD Sulawesi Tengah Zainuddin Tambuala di Palu, Senin, mengatakan hambatan pembentukan alat kelengkapan DPRD tersebut karena hingga keputusan Menteri Dalam Negeri untuk menetapkan pimpinan DPRD definitif belum dikeluarkan.

"Kita masih tunggu SK Menteri maka semuanya jadi molor," kata Zainuddin.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera itu mengatakan karena belum adanya pimpinan definitif tersebut maka pembentukan komisi, badan kehormatan dan badan anggaran akhirnya belum bisa dibentuk.

Dia mengatakan sesuai jadwal mestinya Jumat (24/7)pimpinan DPRD sudah dilantik sehingg dapat diikuti dengan penetapaan anggota komisi dan para ketua komisi.

Zainuddin mengatakan dengan molornya pembentukan alat kelengkapan DPRD tersebut sehingga agenda lainnya juga akan molor dan dipastikan berdampak pada pembahasan anggaran.

"Sementara kita sudah komitmen pembahasan anggaran tepat waktu," katanya.

Dia mengatakan meskipun alat kelengkapan DPRD belum terbentuk tetapi sudah ada lobi-lobi dan kesepakatan politik di luar forum resmi siapa saja yang akan didorong memimpin komisi maupun anggota-anggota komisi.

Tata tertib DPRD, kata Zainuddin, juga belum ditetapkan dalam rapat paripurna karena masih menunggu pelantikan pimpinan DPRD. (skd)