Wapres Bersyukur Pilpres Berjalan Damai

id wapres, jusuf kalla, pilpres

Wapres Bersyukur Pilpres Berjalan Damai

Jusuf Kalla (ANTARA)

Jakarta (antarasulteng.com) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bersyukur Indonesia berhasil menjalankan demokrasi selama dua kali Pemilihan Umum presiden secara damai. 

"Kita bersyukur bahwa dalam dua kali Pemilu terakhir ini tidak ada satu pun konflik yang memakan korban jiwa manusia sebagaimana negara lain," katanya saat menghadiri perayaan ulang tahun ke-50 Partai Golkar di Jiexpo Kemayoran Jakarta, Selasa malam.

Menurut dia, banyak negara di Asia saat menjalankan pemilu selalu terjadi konflik dan memakan korban yang tidak sedikit. 

Demokrasi di Indonesia kata dia, sudah berjalan baik dan damai, tidak seperti di negara-negara asia lainnya yang selalu berujung pada sengketa dan konflik. 

Selain itu, JK menyatakan tanpa partai tidak mudah menjalankan demokrasi dalam negara. Demokrasi bukanlah sistem yang sempurna, tapi yang terbaik yang telah dicapai. 

"Demokrasi adalah cara membawa tujuan kita bernegara untuk mencapai negara adil dan makmur," katanya kepada ratusan kader dan pimpinan sejumlah parpol di tempat tersebut. 

Mantan pendamping Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono itu menyatakan dirinya sependapat dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie tentang bagaimana menjalankan demokrasi itu sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan. 

Pemerintahan yang baru, katanya, tidak akan berjalan baik dan dinamis kalau tidak ada yang mengeritik dan mengawasi. 

"Tidaklah mudah menjalankan itu tanpa pengertian dan harapan semua pihak. Karena itulah saya ucapan selamat kepada Partai Golkar dan seluruh partai yang ada di sini atas upaya kita menjaga demokrasi," ucapnya.