KPU Palu Siap Laksanakan Tahapan Pilkada Kota

id kpu

 KPU Palu Siap Laksanakan Tahapan Pilkada Kota

Ilutrasi-Komisi Pemilihan Umum (antaranews)

Semua proses tahapan pilkada siap kami lakukan
Palu,  (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palu, Sulawesi Tengah, siap melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah di kota ini pada 2015.

"Semua proses tahapan pilkada siap kami lakukan," kata Ketua KPU Kota Palu Marwan P Angku di Palu, Kamis.

Ia mengatakan masih menunggu keputusan apakah pilkada langsung atau lewat DPRD.

Meski hingga kini belum juga ada kepastian, namun KPU Kota Palu, kata Marwan telah menyiapkan item-item tahapan pilkada Wali Kota yang akan dilakukan.

"Bagi kami pilkada langsung atau lewat jalur DPRD tidak ada masalah," katanya.

Jika pilkada lewat DPRD, tentu proses tahapan pemilihan tidak terlalu membutuhkan banyak waktu maupun tenaga dan pikiran.

Tetapi jika keputusan pilkada langsung, maka akan ada tahapan-tahapan pemilihan yang harus dilakukan KPU. Termasuk diantaranya sosialisasi kepada para pemilih tetap dan juga yang paling utama bagaimana memastikan warga tidak kehilangan hak politiknya dalam pemilihan wali Kota.

Pilkada Wali Kota Palu akan berlangsung pada 2015. "Paling tidak Januari 2015 sudah mulai dilakukan tahapan pilkada yakni sosialisasi dan juga pendataan kembali pemilih tetap, seandainya pilkada langsung.

Marwan juga menambahkan untuk pemutahiran data pemilih, KPU rencananya akan melibatkan ketua rukum tetangga (RT). RT akan dilibatkan dalam hal pendataan, sebab mereka yang mengetahui persis warganya.

Kalau RT yang mendata, maka tingkat akurasi dari daftar pemilih tetap (DPT) tidak perlu diragukan."Pokoknya KPU pada prinsipnya siap melaksanakan Pilkada Kota sesuai dengan keputusan akhir pilkada langsung atau lewat DPRD," ujarnya.

Masyarakat di Kota Palu masih berharap pilkada langsung ketimbang lewat DPRD. "Kami berharap Pilkada Kota Palu masih langsung seperti pemilu legislaif dan presiden," kata Denny Paiman, warga di Kelurahan Tatura Selatan. (skd)