Belanda Pesta Gol Ke Gawang Latvia

id robben

Belanda Pesta Gol Ke Gawang Latvia

Arjen Robben (REUTERS/Eddie Keogh)

Amsterdam (antarasulteng.com) - Arjen Robben dan Klaas-Jan Huntelaar masing-masing menyumbangkan dua gol ketika Belanda menggilas 6-0 Latvia dalam laga Kualifikasi Euro 2016 di Amsterdam Arena, Amsterdam.

Belanda berada pada posisi tiga di Grup A setelah tiga laga, berselisih enam poin di bawah Ceko dan Islandia yang keduanya menyapu bersih tiga pertandingan.

Robin van Persie sudah membuat Belanda memimpin pada menit enam usai menerima umpan silang dari Arjen Robben yang sukses melewati Kaspars Dubra dan menaklukkan kiper Aleksandrs Kolinko.

Enam menit kemudian Robben hampir menggandakan keunggulan Belanda setelah melewati Anton Kurakins, tetapi tendangannya melebar dari tiang gawang.

Latvia baru mendapat kesempatan berarti ketika Aleksandrs Fertovs melayangkan bola melewati pemain bertahan Belanda dan Valerijs Sabala yang tak terkawal menyambut bola dengan sundulan, tetapi sentuhannya melebar.

Menit 21 Daley Blind harus ditarik keluar karena cedera untuk digantikan Jordy Clasie.

Robben menggandakan keunggulan Oranye setelah bermain satu-dua dengan van Persie. Dengan kaki kirinya Robben mengincar pojok atas gawang dari jarak 25 yard.

Lima menit kemudian, Belanda mengklaim penalti, tetapi ditolak wasit. Van der Wiel dan rekan setimnya yang merasa bola tendangan pemain Belanda mengenai lengan Kurakins, namun wasit menepis klaim itu.

Menjelang turun minum, Klaas-Jan Huntelaar menambah gol Belanda setelah menerima umpan di kotak penalti dari Ibrahim Afellay.

Pada menit 58 Robben mengambil tendangan bebas, tetapi membentur tiang gawang.  Robben bermain apik malam ini dengan hampir menciptakan gol keduanya setelah melewati Kurakins, tetapi tendangannya melebar dari tiang gawang lawan.

Pada menit 78 Belanda di atas angin setelah Jeffrey Bruma menciptakan gol keempat. Berawal dari tendangan pojok Wesley Sneijder yang diteruskan van Persie di kotak penalti untuk diselesaikan Bruma dengan mudah.

Empat menit kemudian Robben menciptakan gol keduanya setelah mengirim tendangan ke arah pojok kanan gawang usai mendapat umpan Georginio Wijnaldum.

Huntelaar menggenapkan pesta gol Belanda setelah menaklukkan Kolinko pada menit 89 menyusul umpan Hordy Clasie di kotak penalti.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dikutip uefa.com.

Belanda: Jasper Cillessen, Gregory Van Der Wiel, Jeffrey Bruma, Stefan de Vrij, Jetro Willems, Daley Blind (Jordy Clasie), Ibrahim Afellay (Memphis Depay),  Wesley Sneijder, Klaas Jan Huntelaar, Robin van Persie (Georginio Wijnaldum)

Latvia: Aleksandrs Kolinko, Kaspars Dubra, Vladislavs Gabovs, Kaspars Gorkss, Anton Kurakins, Janis Ikaunieks (Olegs Laizans), Arturs Zjuzins (Aleksandrs Cauna),  Aleksandrs Fertovs, Aleksejs Visnakovs, Valerijs Sabala, Eduards Visnakovs (Artem Rudnev)

(skd)