TNI Bangun Pos Di Daerah Rawan Bentrok

id tni, pos

TNI Bangun Pos Di Daerah Rawan Bentrok

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Korem 132/Tadulako membangun pos penjagaan di perbatasan kelurahan Duyu dan Kelurahan Pengawu yang sering dilanda bentrok antarwarga di Kota Palu.

Pos yang berdiri di pinggir jalan itu diresmikan oleh Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Ilyas Alamsyah, Jumat, dengan dihadiri Kapolres Kota Palu AKBP Trisno Rahmadi dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Ilyas Alamsyah mengatakan dengan berdirinya pos penjagaan itu bentrokan antarwarga yang kerap terjadi bisa dihentikan karena mengganggu ketenteraman masyarakat.

"Jangan lagi ada pertikaian sesama saudara, kita sendiri yang rugi," ujar Ilyas.

Dia mengatakan dua aparat TNI nantinya akan ditugaskan secara bergantian di pos yang selesai dibangun dalam satu pekan tersebut.

Korem 132/Tadulako sendiri juga membangun satu pos serupa di perbatasan Kelurahan Nunu dan Kelurahan Tavanjuka yang juga kerap terjadi bentrok antarwarga.

"Ke depannya, kita akan bangun pos serupa di sejumlah titik rawan," katanya.

Pos tersebut selain menjadi pos pemantauan pengamanan juga akan berfungsi menjadi pos siaga ketika terjadi bencana alam untuk memudahkan koordinasi dengan masyarakat.

Di Kota Palu sendiri masih kerap terjadi bentrok antarwarga yang menimbulkan korban dan kerugian materi hingga miliaran rupiah.

Lebih lanjut, Ilyas Alamsyah meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan persatuan, dan tidak mudah terpengaruh isu provokator.

Bentrok yang sering terjadi di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ini disebabkan oleh provakator yang sengaja memecah-belah warga.

"Kalau ada potensi gangguan keamanan segera lapor petugas agar tidak meluas dan cepat diselesaikan," ujarnya. (skd)