112.500 Pohon Ditanam Di Areal TNLL

id lindu, tnll, kat

112.500 Pohon Ditanam Di Areal TNLL

Taman Nasional Lore Lindu (ist)

Penanaman pohon dilakukan melibatkan masyarakat dan juga anggota TNI
Palu,  (antarasulteng.com) - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) selama 2014 telah menanam pohon sebanyak 112.500 di areal taman nasional.

"Penanaman pohon dilakukan melibatkan masyarakat dan juga anggota TNI," kata Kepala Bidang Tehnik Konservasi Balai Besar TNLL Ahmad Yani di Palu, Kamis.

Ia menjelaskan program penanaman pohon di dalam areal rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) yang ditargetkan seluas 225 hektare sudah selesai. Program ini merupakan kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Seluas 172 dari 225 hektare lahan RHL telah ditanami berbagai pohon spesifik yang tumbuh di dalam kawasan tetapi jumlahnya semakin berkurang karena ditebang masyarakat baik untuk keperluan komersial maupun digunakan bahan bangunan rumah.

Areal RHL seluas itu tersebar di sejumlah desa antara lain Desa Kapiroe dan Bobo di Kecamatan Palolo, Desa Batubose, Kecamatan Nokilalaki dan Desa Watukilo, Kecamatan Kulawi Selatan, semua di Kabupaten Sigi.

Sementara sisanya 50 hektare, penanaman pohon dilakukan oleh kelompok masyarakat yang selama ini sangat peduli terhadap lingkungan hidup.

RHL seluas 50 haktare itu semuanya berada di wilayah Desa Bunga, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

Selain di areal RHL, program penanaman pohon juga dilakukan di luar kawasan, termasuk di kebun-kebun masyarakat.

"Kami berharap pohon-pohon yang ditanam di kebun masyarakat setelah mencapai usia panen, dapat memberikan nilai tambah guna meningkatkan ekonomi masyarakat," kata dia.

Pohon-pohon yang ditanam itu khusus di areal kebun masyarakat terdiri dari berbagai jenis kayu spesifik dan juga tanaman buah-buahan seperti mangga, rambutan, durian, pala dan nangka.

Areal TNLL seluas sekitar 217 ribu hektare. Sebagian wilayahnya masuk Kabupaten Poso dan Kabupaten Konservasi Sigi. (skd)