Sarana Kesehatan Sulteng Perlu Ditingkatkan

id alkes

Sarana Kesehatan Sulteng Perlu Ditingkatkan

Ilustrasi-Alat Kesehatan (antaranews)

Semarang,  (antarasulteng.com) - Sarana kesehatan dan dokter ahli di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat di Sulawesi Tengah perlu ditingkatkan mengingat beberapa status Puskesmas sudah melayani rawat inap.

"Di Puskesmas Toili 3, Kabupaten Banggai, misalnya, itu sudah melayani rawat inap. Sementara tempat tidurnya masih kurang, ruangannya juga begitu," kata anggota Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah I Nyoman Slamet di sela-sela kunjungan kerja Komisi IV di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Kunjungan kerja tersebut salah satunya fokus pada pelayanan kesehatan dengan mengunjungi Posyandu terbaik di Indonesia di Solo.

Nyoman mengatakan, DPRD ikut prihatin dengan penanganan kesehatan di Sulawesi Tengah salah satunya terkait ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan khususnya di Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di kecamatan dan desa.

Nyoman mengatakan dari hasil kunjungan kerja di Banggai belum lama ini, sejumlah Puskesmas di daerah itu sudah perlu mendapat jatah dokter spesialis khususnya dokter anak.

Politisi PDIP itu mengatakan Puskesmas yang sudah menerima rawat inap sudah harus mempersiapkan dokter spesialis.

Masalah kesehatan juga terjadi di Kabupaten Donggala khususnya terkait ketersediaan dokter dan sarana kesehatan.

Anggota DPRD dari daerah pemilihan Donggala-Sigi Rusli Dg Pallabi mengatakan Rumah Sakit Umum Donggala saat ini membutuhkan sejumlah dokter.

"Jangankan rumah sakit, Dinas Kesehatannya saja butuh dokter khususnya pada jabatan kepala bidang," kata Rusli.(skd)