Solo Buka Peluang Kerja Sama Pariwisata Sulteng

id DPRD, Pariwisata, Kunjungan, Solo,

Solo Buka Peluang Kerja Sama Pariwisata Sulteng

Anggota Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah saat berdialog dengan Pemerintah Kota Solo terkait penanganan peningkatan kesehatan, pariwisata, pendidikan dan anak usia dini di Surakarta, Jumat (28/11) (adha nadjemuddin)

"Kita punya `Tourist Information Center`. Silakan titip di sini. Kita terbuka. Silakan nanti telepon saja tidak ada masalah," kata Widi Sri Hanto
Surakarta (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah membuka peluang kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk membangun kerja sama khususnya dalam promosi pariwisata antar-kedua daerah.


Hal itu dikemukakan Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Solo Widi Sri Hanto di hadapan anggota Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah di Surakarta, Jumat.


"Kita punya `Tourist Information Center`. Silakan titip di sini. Kita terbuka. Silakan nanti telepon saja tidak ada masalah," kata Widi Sri Hanto menjawab pertanyaan dan tawaran Komisi IV terhadap kerja sama pariwisata.


Dia mengatakan peluang promosi wisata antar-daerah sangat memungkinkan karena masing-masing daerah memiliki keunggulan sendiri.


Kota Solo sendiri kata Widi, tidak memiliki sumber daya alam yang besar seperti di Sulawesi Tengah sehingga memfokuskan pengembangan daerah pada lima sektor yakni perdagangan, jasa, pendidikan, pariwisata, dan olahraga.


"Kekayaan kita adalah `art and cultur`," katanya.


Untuk promosi dan penguatan budaya di Solo, pemerintah kota berpenduduk 545 ribu jiwa itu telah mengagendakan puluhan kegiatan pertunjukan seni dan budaya.


Tahun 2015 pemerintah Kota Solo telah mengagendakan 58 kegiatan pertunjukan.


"Umumnya kegiatan berlangsung di lapangan terbuka dan gratis untuk masyarakat," katanya.


Dijadwalkan Festival Destinasi Payung akan berlangsung Jumat sore dihadiri Presiden RI Joko Widodo yang juga mantan Wali Kota Solo.


Menurut Widi, saat Joko Widodo menjabat Wali Kota, pemerintah kota setempat memperkuat aspek manajemen potensi unggulan.


Pertemuan Komisi IV dengan 11 anggota Komisi dan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah Akram Kamarudin tersebut berlangsung hampir dua jam.


Diskusi yang dipimpin Ketua Komisi Zalzulmida A Djanggola tersebut banyak menggali strategi pengembangan pariwisata dan penanganan kesehatan ibu dan anak.


Pemerintah Kota Solo memaparkan beberapa strategi penanganan dan pengembangan pariwisata, kesehatan dan keluarga berencana kepada anggota Komisi IV dengan harapan juga bisa diimplementasikan di kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.


Hadir dalam pertemuan itu Kepala BKKBN Sulawesi Tengah Kushindarwito, Kabid Bina Upaya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Farida I Ngolo dan Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Sulawesi Tengah Joko Arianto.***