IAIN Palu Tuan Rumah Pionir Nasional 2015

id stain

IAIN Palu Tuan Rumah Pionir Nasional 2015

Kampus IAIN Palu (infostain.blogspot.com)

Palu, (antarasulteng.com) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) Nasional VII di Palu, Mei 2015.

Pionir tersebut akan diikuti 55 perguruan tinggi keagamaan Islam se-Indonesia dengan total peserta 3.520 orang dengan 2.800 orang diantaranya atlet.

Pembantu Rektor III IAIN Palu Muhtadin Dg Mustafa di Palu, Kamis mengatakan, selaku tuan rumah, IAIN Palu sudah membentuk panitia pelaksana dan beberapa persiapan awal menyambut kegiatan nasional tersebut.

"Persiapan kita harus matang karena tamu-tamu kita dari luar daerah ribuan orang. Apalagi kegiatan ini dihadiri Presiden dan sejumlah menteri," kata Muhtadin.

Dia mengatakan karena banyaknya tamu tersebut maka kesiapan IAIN tidak saja menjadi tanggung jawab IAIN sendiri tetapi juga pemerintah daerah karena kegiatan ini juga memberi efek pada promosi nasional Sulawesi Tengah.

Secara khusus, kata dia, Pionir ini bertujuan mengembangkan kemampuan bakat dan minat mahasiswa dalam riset, olahraga, dan seni dalam rangka pembinaan yang berkelanjutan.

Selain itu, Pionir juga mengembangkan mental disiplin, kreatif, sportif dan kompetitif pada mahasiswa.

Tidak kalah pentingnya, kata Muhtadin, Pionir juga membantu pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia yang bermutu melalui apresiasi kegiatan, riset olahraga dan seni.

Dia mengatakan Pionir juga akan didukung dengan sejumlah kegiatan antara lain tarian tradisional khas daerah, jepeng tradisional klosal, penerjun paralayang dengan membawa bendera dan maskot Pionir, atraksi drum band kerukunan, membaca Al Quran sepanjang pantai, dan karnaval budaya nusantara.(skd)