Polda Sulteng Siapkan 6.000 Personel Amankan Natal

id kapolda, idham, azis

Polda Sulteng Siapkan 6.000 Personel Amankan Natal

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Drs Idham Azis (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepolisian RI Daerah Sulawesi Tengah menyiapkan sebanyak 6.000 perseonel untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2015 dengan Sandi Operasi Lilin 2014 di daerah ini agar situasi berlangsung aman.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Idham Azis di Palu, Kamis, mengatakan ribuan pasukan itu merupakan dua per tiga dari kekuatan yang ada di Polda saat ini.

Operasi lilin tersebut akan berlangsung pada 23 Desember 2014 hingga 3 Januari 2015.

Petugas Operasi Lilin 2014 itu nantinya akan mengikuti gelar pasukan di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah pada 23 Desember 2014.

Pasukan pengamanan itu terdiri antara lain dari Polri, TNI, pemadam kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, dan petugas teknis lainnya.

Dia mengaku akan melakukan skala prioritas dalam pengamanan Natal dan tahun baru, yakni dengan memperhatikan daerah tertentu yang rawan gangguan keamanan.

Dia mencontohkan Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Poso yang menjadi perhatian polisi saat akhir tahun.

Dia berharap Natal dan pergantian tahun di Sulawesi Tengah berjalan dengan aman dan tertib seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pada Operasi Lilin kali ini akan didahului dengan persiapan berupa razia minuman beralkohol ilegal untuk mendukung terciptanya situasi yang aman.

"Minuman keras yang disita itu nantinya akan kita musnahkan jelang Operasi Lilin," kata Idham.

Pada tahun sebelumnya, ada sejumlah Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor di Sulawesi Tengah yang menurunkan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) guna membantu aparat mengamankan Natal dan pergantian tahun.

Organisasi pemuda itu juga bertekad menjaga daerah Sulawesi Tengah tetap aman. (skd)