Pangdam: TNI Siap Atasi Terorisme Di Poso

id tni

Pangdam: TNI Siap Atasi Terorisme Di Poso

Prajurit TNI Angkatan Darat ( FOTO ANTARA/R Rekotomo)

Kami siap. Nggak ada tawar-menawar soal itu
Palu,  (antarasulteng.com) - Panglima Kodam VII/Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar menyatakan TNI siap mengatasi terorisme di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, jika memang ada permintaan terkait hal itu.

"Kami siap. Nggak ada tawar-menawar soal itu," kata Bachtiar saat berkunjung ke Palu, Sulawesi Tengah, Jumat.

Dia mengatakan saat ini sedang berlangsung penguatan wilayah berupa pembinaan teritorial oleh TNI di Kabupaten Poso. Saat ini TNI juga berkoordinasi dengan Polri dan pemerintah daerah untuk pengamanan di Poso.

Dia mengatakan TNI saat ini terus melakukan operasi teritorial untuk membantu masyarakat agar sejahtera. "Kita juga turut membantu menjaga keamanan supaya lebih bagus," kata Bachtiar.

Saat ini status keamanan di Kabupaten Poso masih berupa tertib sipil karena semuanya masih diserahkan kepada Polri.

Menurut dia, pengamanan di Kabupaten Poso sebaiknya juga melibatkan masyarakat melalui pengamanan swakarsa, seperti dilaksanakan sistem keamanan lingkungan (siskamling). "Kalau rakyat diberdayakan dengan bagus, saya yakin masalah terorisme di Poso cepat selesai," katanya.

Beberapa hari sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola secara tegas meminta TNI untuk turun tangan mengatasi kasus terorisme di Kabupaten Poso karena sudah menimbulkan banyak korban dari warga sipil dan membuat masyarakat lainnya resah.

Menurutnya, keamanan di Sulawesi Tengah juga menjadi tanggung jawab gubernur sehingga dia berharap daerahnya segera aman.

Gubernur Longki Djanggola juga sudah menghadap Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait kasus terorisme di Poso dan sejumlah permasalahan di Sulawesi Tengah.

Dalam kurun dua buan terakhir, empat warga sipil tewas dibunuh oleh kelompok teroris di Kabupaten Poso, sementara empat orang masih dinyatakan hilang.

Warga yang berada di sekitar lokasi pencarian teroris juga diminta untuk waspada, terutama saat berkebun atau berburu hewan di hutan. (skd)