Demokrat Kedepankan Kualitas Dan Popularitas Cabup

id demokrat

Demokrat Kedepankan Kualitas Dan Popularitas Cabup

Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Tengah Talitti Paluge (kiri) saat memberikan keterangan pers beberapa waktu lalu. (Adha Nadjemuddin)

Standar kita adalah kualitas dan popularitas
Palu,  (antarasulteng.com) - Partai Demokrat lebih mengedepankan kualitas dan popularitas calon kepala daerah yang hendak diusung pada pemilihan kepala daerah serentak di Indonesia 2015.

"Standar kita adalah kualitas dan popularitas," kata Ketua Devisi Komunikasi DPP Partai Demokrat Hintja Pandjaitan di Palu, Senin.

Hintja bersama Ketua Devisi Pembinaan Anggota DPP Demokrat, Yotama, hadir di Palu dalam rangka melihat kesiapan Pokja Pilkada DPD Demokrat yang sudah menerima pendaftaran bakal calon pada tujuh daerah di Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan kualitas calon akan dilihat pada penyampaian visi dan misi di hadapan pengurus partai sementara popularitas akan ditentukan oleh hasil survei.

Hintja mengaakan salah satu standar kualitas yang ingin diketahui adalah sejauhmana kemampuan calon dalam memahami APBD di daerah yang akan dia pimpin.

"Calon harus bicara fakta dengan basis APBD. Mau dia bangun apa ke depan, jika tidak mengetahui tentang APBD itu bagaimana," katanya.

Dia mengatakan salah satu proses yang sangat menentukan dalam pencalonan di Demokrat adalah tahapan melalui Pokja Pilkada.

Pokja Pilkada kata dia, akan dipertaruhkan kredibilitasnya dalam memproses bakal calon kepala daerah sampai nanti diputuskan oleh ketua umum partai itu.

Sementara itu Ketua Divisi Pembinaan Anggota Yotama mengingatkan kepada Pokja Pilkada agar bekerja serius dan mencermati aturan yang ada.

"Pokja Pilkada adalah taruhannya," katanya.

Dia mengatakan dari beberapa calon yang mendaftar semua berharap bisa lolos dari Demokrat, sehingga kata dia, tidak gampang menentukan siapa yang akan lolos di partai itu untuk diusung pada pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di Sulawesi Tengah akhir 2015.

Tujuh daerah tersebut adalah Kota Palu, Sigi, Tolitoli, Poso, Banggai Kepulauan, Morowali Utara dan Tojo Unauna.

Total pendaftar di Pokja Pilkada 47 orang, tertinggi pendaftar di Kabupaten Sigi yakni 12 orang.(skd)