Gubernur Berharap Sulteng Mandiri Dalam Kelistrikan

id pln, listrik

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola berharap wilayahnya mandiri dalam hal kelistrikan mengingat wilayah ini memiliki potensi sumber daya listrik melimpah.

Gubernur Longki saat menemui pimpinan PLN Cabang Palu, Sabtu, mengatakan saat ini Sulawesi Tengah masih tergabung dalam wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo (Suluttenggo).

Menurut dia, meski bergabung dengan wilayah tersebut potensi kelistrikan di wilayah Sulawesi Tengah belum optimal. "Oleh karena itu agar lebih bagus dan mandiri, lebih baik Sulawesi Tengah berpisah dari wilayah Suluttenggo," katanya.

Saat ini Sulawesi Barat juga berupaya melakukan hal serupa mengingat pasokan listrik di provinsi tetangga Sulawesi Tengah masih belum optimal.

Ia mengatakan Sulawesi Tengah seperti menjadi anak tiri PLN karena selama ini pemadaman listrik bergilir masih kerap terjadi di wilayahnya sehingga mengganggu aktivitas masyarakat.

Gubernur Longki sendiri telah menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait masalah kelistrikan di Sulawesi Tengah agar bisa dicarikan solusi terbaik.

Saat ini PLTA Sulewana di Poso juga segera beroperasi dan diharapkan bisa memasok daya listrik ke wilayah Sulawesi Tengah. "Saya akan kawal terus penyelesaian transmisi hingga menghasilkan daya listrik untuk masyarakat," katanya.

Sementara itu Kepala PLN Cabang Palu Novalince Pamuso berharap masalah kelistrikan di Kota Palu berupaya kekurangan daya bisa diatasi pada Februari 2015 seiring beroperasinya PLTA Sulewana.

Dia juga meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan pelayanan PLN kepada konsumen. (skd)