Bandara Sumarorong Mamasa Tidak Mendapatkan Bantuan Pusat

id bandara

Bandara Sumarorong Mamasa Tidak Mendapatkan Bantuan Pusat

Landasan bandara (ANTARA/Untung Setiawan)

Mamuju,  (antarasulteng.com)- Bandara Sumarorong Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat tidak mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat pada tahun ini untuk melanjutkan pembangunannya.

"Pada tahun ini bandara Sumarorong tidak akan dibangun lagi karena tidak ada anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat melalui APBN, untuk melanjutkan pembangunannya," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulbar, Suparto Umar di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, terminal di Bandara Sumarorong pada 2014 telah selesai dibangun guna menunjang fasilitas di Bandara Sumarorong untuk meningkatkan akses transportasi udara menuju Kabupaten Mamasa.

"Tahun lalu sudah dibangun terminal, jadi tahun ini tidak ada lagi bantuan anggaran pusat untuk pembangunan bandara Sumarorong," katanya.

Menurut dia, bandara Sumarorong yang dibangun sejak tahun 2010 telah difungsikan  melayani penerbangan dengan rute antara Mamasa¿Mamuju dan Makassar.

Saat ini, Bandara Sumarorong telah memiliki landasan pacu sepanjang 1200 meter dengan lebar 30 meter setelah terus dibangun pemerintah di Sulbar menggunakan dana APBN.

"Kondisi Bandara Sumarorong sangat layak untuk dioperasikan sehingga menunjang untuk melayani rute Mamasa-Mamuju-Makassar, dengan dibukanya rute itu maka Mamasa yang berada di pegunungan Sulbar akan semakin mudah dijangkau dan menumbuhkan sektor wisata di Mamasa yang dikenal memiliki aset kekayaan budaya," katanya.(skd)