Kawasan Industri Palu Dapat Alokasi Rp206 Miliar

id kek

Kawasan Industri Palu Dapat Alokasi Rp206 Miliar

Sebuah pintu masuk Kawasan Industri Palu di Kecamatan Palu Utara, Kota Palu. (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Kita harus bangun pelabuhan, kita buka jalan untuk mobilisasi logistik dari Teluk Tomini ke Palu. Ini prosesnya panjang. Tidak bisa dibuat dalam jangka waktu pendek
Palu,  (antarasulteng.com) - Wali Kota Palu Rusdy Mastura mengatakan pemerintah pusat mengalokasikan dana sebesar Rp206 miliar pada 2015 untuk pembangunan tahap awal kawasan industri di ibu kota Sulawesi Tengah.

"Sudah ada tim kita yang mengurus ini di Jakarta," katanya di Palu, Selasa.

Cudi, panggilan Rusdy Mastura mengatakan dana tersebut rencananya akan dialokasikan untuk pembebasan lahan, perencanaan dan sebagian untuk konstruksi jalan di kawasan industri Palu.

Dia mengatakan tahap awal pembangunan industri Palu sebagai bagian dari konsep Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan akan berlangsung sampai 2019.

Cudi mengatakan tahap awal tersebut antara lain meliputi perencanaan, tata ruang, pembebasan lahan, pembangunan jalan, gedung dan pelabuhan.

"Kalau ini sudah jadi, baru kita buka ke investor. Silakan masuk. Kalau itu belum jadi, bagaimana mereka mau masuk. `Kan susah itu," katanya.

Mantan Ketua DPRD Kota Palu itu mengatakan pembangunan kawasan industri Palu membutuhkan waktu panjang, namun berbagai upaya sudah dilakukan dalam rangka mempercepat terealisasinya kawasan industri tersebut.

"Kita harus bangun pelabuhan, kita buka jalan untuk mobilisasi logistik dari Teluk Tomini ke Palu. Ini prosesnya panjang. Tidak bisa dibuat dalam jangka waktu pendek," katanya.

Menurut Cudi, berbagai terobosan sudah dilakukan untuk mendukung berdirinya kawasan industri Palu antara lain dibangunnya pusat kerajinan rotan nasional (Pirnas) yang dikerjasamakan dengan pemerintah pusat.

Pirnas tersebut kata Cudi bagian dari perwujudan kawasan industri Palu.

Terkait KEK Kota Palu, kata Cudi, tetap berjalan dan kawasan industri adalah bagian dari KEK tersebut.

"KEK itu adalah `sofware`-nya," katanya.

KEK sendiri kata dia, mengusung tiga hal penting yakni industri, logistik dan pengembangan ekspor.

"Kita mau dorong dulu pengembangan industrinya," katanya.

Cudi meminta kepada masyarakat dan pelaku ekonomi di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu perlu memahami konsep pembangunan ekonomi nasional tersebut sehingga tidak ada anggapan apa yang dilakukan hari ini langsung mau dinikmati hari ini juga.

"Ini butuh proses panjang. Kalaupun nanti belum mampu mewujudkan saya berharap generasi berikutnya bisa merealisasikan ini. Tetapi konsepnya sudah ada," katanya.

Konsep ini kata dia, untuk memicu pertumbuhan ekonomi di Kota Palu sebagai kota industri dan jasa sehingga bisa memancing minat investasi yang lebih besar pula.(skd)