Legislator Usulkan Bangun Sekolah Kelautan Di Sulteng

id sekolah, kelautan, dprd

Legislator Usulkan Bangun Sekolah Kelautan Di Sulteng

Logo DPRD (antaranews)

Ini sudah harus diletakkan sejak sekarang karena secara geografis Sulawesi Tengah ini sangat potensi dengan sumber daya kemaritimannya
Palu,  (antarasulteng.com) - Legislator DPRD Sulawesi Tengah Mustar Labolo mengatakan pemerintah provinsi saatnya memikirkan pembangunan sekolah kejuruan bidang kelautan dan perikanan mengingat daerah ini sangat potensial dengan kekayaan sumber daya laut dan perikanannya.

"Ini sudah harus diletakkan sejak sekarang karena secara geografis Sulawesi Tengah ini sangat potensi dengan sumber daya kemaritimannya," kata Mustar di Palu, Kamis.

Anggota Komisi IV (Kesejahteraan Rakyat) itu mengatakan selain alasan potensi kelautan, usulan itu juga terkait dengan visi pemerintah daerah yang ingin sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia Timur berbasis ekonomi agrobisnis perikanan serta misi pemerintah pusat terkait dengan kemaritiman.

"Saya yakin kita akan mendapat dukungan dari pemerintah pusat," katanya.

Mustar mengatakan di Sulawesi Tengah banyak dikelilingi teluk yakni Teluk Palu, Teluk Tomini, Teluk Tolo dan Laut Makassar merupakan peluang yang harus dikelola dengan kesiapan sumber daya manusia.

Untuk menyiapkan sumber daya tersebut kata Mustar salah satunya dengan mendirikan lembaga pendidikan kejuruan khusus bidang kelautan dan perikanan.

Terkait titik pembangunan sekolah kata Mustar lebih baik difokuskan di kabupaten kepulauan seperti di Banggai Kepulauan, Banggai Laut dan Tojo Unauna.

Daerah-daerah tersebut kata Mustar merupakan daerah yang sebagaian besar penduduknya bertumpu pada sektor kelautan dan perikanan seperti ikan dan rumput laut. (skd)