Sail Tomini 2015 Dongkrak Pariwisata Sulteng

id sail, tomini

Sail Tomini 2015 Dongkrak Pariwisata Sulteng

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Ajang wisata bahari internasional Sail Tomini 2015 di Sulawesi Tengah dipastikan akan mendongkrak kunjungan wisatawan dan menggerakkan sektor ekonomi lainnya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah, Purjoko, di Palu, Kamis, mengatakan Sail Tomini yang dilaksanakan pada September 2015 tersebut memberikan angin segar di sektor pariwisata, terutama pada sektor perhotelan.

Dia mengatakan jumlah tamu asing dan domestik di Sulawesi Tengah pada triwulan IV 2014 tumbuh 10,53 persen, pertumbuhan itu lebih lambat dibanding periode sama pada 2013 yang mencapai 107,13 persen.

Dia mengatakan perhelatan wisata dan budaya yang dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong tersebut juga akan memberikan kontribusi cukup besar bagi pertumbuhan sektor penyedia akomodasi dan makan minum.

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemprov Sulteng beberapa kali menggelar rapat pemantapan untuk mensukseskan perhelatan internasional tersebut. Berbagai acara wisata, seni dan budaya telah dipersiapkan untuk memeriahkan agenda wisata tahunan tersebut.

Sebelumnya telah digelar enam acara serupa berturut turut setiap tahun sejak 2009, yakni Sail Bunaken, Sail Banda, Sail Wakatobi dan Belitong, Sail Morotai, Sail Komodo, serta Sail Raja Ampat.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berharap Sail Tomini 2015 bermanfaat bagi seluruh warganya, tidak hanya waega yang beraktivitas di sektor pariwisata.

Dia mengatakan adanya ajang internasional tersebut merupakan bukti bahwa Sulawesi Tengah bukan daerah konflik atau rawan gangguan keamanan.

Sementara Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu mengaku siap menjaga keamanan daerahnya mengingat kabupaten yang dipimpinnya adalah pusat kegiatan Sail Tomini 2015.

Dia juga mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan acara itu dengan tetap menjaga lingkungan sekitarnya tetap kondusif dan menyenangkan bagi siapa saja. (skd)