Kapal Pelni Siap Singgahi Pelabuhan Donggala

id kapal, pelni

Kapal Pelni Siap Singgahi Pelabuhan Donggala

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Untung Setiawan)

Tidak ada masalah jika memang pemerintah daerah setempat menginginkan kapal Pelni menyinggahi Pelabuhan Donggala
Palu,  (antarasulteng.com) - PT Pelni Cabang Sulawesi Tengah mengatakan kapal penumpang perusahaan plat merah ini siap menyinggahi pelabuhan Donggala jika semua sarana dan fasilitas yang dibutuhkan tersedia.

"Tidak ada masalah jika memang pemerintah daerah setempat menginginkan kapal Pelni menyinggahi Pelabuhan Donggala," kata Abdullah Rasyid, salah seorang pejabat di Kantor PT Pelni Cabang Sulteng di Palu, Jumat.

Ia mengatakan yang perlu segera dipersiapkan pemerintah daerah adalah membenahi pelabuhan dan juga melengkapi semua sarana dan fasilitas yang diperlukan.

Pertama tentu menyangkut dermaga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Selain dermaga juga tempat penampungan barang dan penumpang. Berikutnya infranstruktur listrik dan air bersih.

Menurut dia, untuk melengkapi semua sarana dan fasilitas yang dibutuhkan di pelabuhan tersebut tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi memerlukan waktu dan terutama anggaran yang cukup besar.

"Jika semua itu sudah ada, kapal Pelni sudah bisa merapat di Pelabuhan Donggala seperti yang telah diwacanakan pemerintah daerah," ujarnya.

Selama sarana dan fasilitas yang dibutuhkan belum tersedia, kapal Pelni tidak mungkin menyinggahi pelabuhan tersebut.

Pelabuhan Donggala yang terletak di tengah-tengah Ibu Kota Kabupaten Donggala itu berjarak sekitar 43 km dari Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah. (skd)