Alumni UGM Tanam Pohon Di Danau Tambing

id alumni, ugm

Alumni UGM Tanam Pohon Di Danau Tambing

Ilustrasi (antaranews)

Saya menyambut baik karena hal ini membuktikan kepedulian tinggi dari para mantan mahasiswa UGM
Palu,  (antarasulteng.com) - Puluhan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) menanam berbagai jenis pohon dan tanaman bunga anggrek di kawasan obyek wisata Danau Tambing, Sulawesi Tengah.

Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Ahmad Yani di Danau Tambing, Minggu, mengatakan penanaman pohon yang diprakasai para alumni UGM itu merupakan kegiatan positif yang mendapat apresiasi dari pengelola kawasan konservasi dan pemerintah di provinsi.

"Saya menyambut baik karena hal ini membuktikan kepedulian tinggi dari para mantan mahasiswa UGM," ujarnya.

Kebetulan, kata Ahmad Yani, di Kota Palu ada banyak alumni UGM yang bekerja sebagai PNS di beberapa instansi pemerintah seperti Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), TNLL dan sejumlah instansi pemerintah lainnya.

Selain menanam berbagai jenis pohon juga anggrek dan bunga. "Semua dilakukan di dalam areal lokasi obyek wisata Danau Tambing," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar TNLL, Sudaryatna.

Ahmad mengatakan kegiatan penanaman pohon tidak hanya dilakukan para alumni UGM, tetapi juga oleh para kader-kader konservasi yang ada di setiap desa di sekitar kawasan Taman Nasional.

Tetapi khusus di lokasi obyek wisata Danau Tambing, baru dilakukan para alumni UGM sebagai rasa kepedulian besar mereka terhadap kelestarian hutan.

Dia menambahkan obyek wisata Danau Tambing merupakan salah satu dari sejumlah obyek yang ada dalam kawasan dan terus dikembangkan guna menarik banyak wisatawan, terutama dari luar negeri datang ke lokasi itu.

Ada sejumlah obyek wisata di dalam kawasan yang dalam beberapa tahun terakhir banyak sekali dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik.

Dari sekian banyak obyek wisata, Danau Tambing paling banyak dikunjungi sehingga untuk lebih menarik wisatawan datang berkunjung, maka pihak Balai Besar TNLL terus membenahinya.

Yulianto, seorang dari puluhan alumni UGM yang ikut dalam kegiatan penanaman pohon di lokesi obyek wisata Danau Tambing mengatakan kegiatan dimaksud sebagai bukti kepedulian mereka terhadap pelestarian hutan di kawasan wisata.

Danau Tambing berada di wilayah pemerintahan Kabupaten Poso. Sebagian dari TNLL masuk dalam wilayah Kabupaten Konservasi Sigi dan Poso. (skd)