UMB Undang Dosen Se-Asean Ajari MEA

id mea

Kita susun kerja sama dengan dosen di tingkat Asean agar penerapan MEA bisa diterapkan mahasiswa dan bersaing dalam dunia kerja
Jakarta,  (antarasulteng.com) - Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta akan mengundang sejumlah dosen dari berbagai kampus se-Asean untuk mengajari mahasiswa setempat tentang penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) selama satu semester.

Wakil Rektor Universitas Mercu Buana, Dana Sentosa, di Jakarta, Senin, mengatakan UMB telah mencanangkan diri sebagai kampus berstandar internasional, katena itu menjalin kerja sama dengan dosen pada skala Asean.

"Kita susun kerja sama dengan dosen di tingkat Asean agar penerapan MEA bisa diterapkan mahasiswa dan bersaing dalam dunia kerja," ujarnya.

Nantinya, dosen se-Asean itu akan tinggal di Indonesia selama enam bulan atau satu semester sehingga akan mengetahui perkembangan mahasiswa yang diajari, termasuk melakukan proses bimbingan kepada mahasiswa sebelum naik tingkat.

"Tidak hanya sekali, tetapi satu semester. Kita harap mahasiswa bisa menyerap ilmu yang diberikan nantinya," katanya.

Adapun fakultas yang telah melaksanakan yakni Teknik Mesin untuk konversi energi dengan dosen dari Kazakhstan. Fakultas ilmu komunikasi yang bekerja sama dengan dosen dari Malaysia.

"Sisanya kita sedang jajaki, namun kami pun telah melakukan penukaran mahasiswa dan kini akan kerja sama pertukaran dosen atau lecturer exchange," katanya.

Pengembangan dan perluasan kerja sama dalam bidang pendidikan tak hanya tugas pemerintah tetapi juga perguruan tinggi, karena mahasiswa yang ikut dalam student exchange akan menentukan kualitas perguruan tinggi, teruatama di mata dosen di luar negeri
"Student exchange itu bukan komersil tetapi mengukur kekuatan pendidikan. Maka itu, pembelajarannya harus sesuai dengan kemajuan saat ini," ujarnya. (skd)