Rizal Sewang Ganti Ali Lamu di DPRD Kota Palu

id dprd palu

Rizal Sewang Ganti Ali Lamu di DPRD Kota Palu

Suasana rapat DPRD Kota Palu, Senin (27/1). (Adha)

...dalam Pemilu 2014, Rizal Dg Sewang meraih 595 suara, urutan kedua setelah Ali Lamu, yang meraih 677 suara di Dapil Palu Barat-Ulujadi.
Palu (antarasulteng.com) – Pelantikan Penggatian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Palu dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menggantikan Muhammad Ali Lamu yang meninggal dunia beberapa waktu lalu dijadwalkan akan dilaksanakan pada Maret 2015.

Ketua DPRD Kota Palu Moh. Iqbal Andi Magga mengemukakan di ruang kerjanya, Senin, proses PAW sedang berjalan dan telah ada kesepakatan bahwa yang menjadi anggota PAW Muhammad Ali Lamu (Alm) adalah nama Rizal Dg. Sewang.

"Prosesnya sudah berjalan, bahkan sudah dikoordinasikan dengan KPU. Pihak DPRD juga sudah merekomendasikan pengurusan SK untuk saudara Rizal, dan sekarang suratnya sementara diproses di Kantor Gubernur. Pelantikannya dijadwalkan pada minggu ke dua bulan Maret ini,” kata Iqbal.

Mengingat posisi almarhum sebagai ketua di Komisi A DPRD, maka proses PAW sangat mendesak mengingat posisi ketua komisi sangat penting sebab mempengaruhi tugas-tugas kedewanan. Olehnya posisi ketua di Komisi A secepatnya harus terisi.

"Beberapa hari lalu saya sudah berbicara dengan orang PKS terkait kekosongan posisi Ketua Komisi A. Soal siapa yang nantinya menjadi ketua, kita masih melihat regulasinya karena sudah diatur dalam UU pemilu yang lalu. Jika mengacu pada UU yang lalu maka posisi yang menggantikan sama, jadi kalau digantikan ketua komisi maka yang menggantikan akan menjadi ketua komisi,” jelasnya.

Terkait posisi ketua tersebut, lanjut Iqbal, pihaknya masih menunggu kesepakatan dari Fraksi PKS.

"Kalau anggota dikocok ulang, tidak ada ketentuan yang mengatur. Sebab penggantian alat kelengkapan dilakukan selama dua tahun enam bulan saat menjabat,” katanya.

Berdasarkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, perolehan suara Rizal terbanyak kedua setelah almarhum Ali Lamu, dimana Ali Lamu memperoleh suara sebanyak 677 suara, sementara Rizal Dg. Sewang sebanyak 595 suara di daerah pemilihan Palu Barat- Ulujadi. (Yuni)