Bandara Di Tojo Una-una Segera Beroperasi

id landasana, pacu, bandara

Bandara Di Tojo Una-una Segera Beroperasi

Ilustrasi--Landasan bandara (ANTARA/Untung Setiawan)

Palu, (antarasulteng.com) - Bandar Udara Tanjung Api di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, segera beroperasi pada awal April 2015 menyusul sudah ada rute penerbangan yang dijadwalkan.

Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Mahmud Lahay yang dihubungi dari Palu, Jumat, mengatakan pada awal April tersebut telah dijadwalkan sejumlah penerbangan perintis dengan tujuan Ampana, Makassar, Palu, Gorontalo, dan Luwuk.

Ke depannya akan dibuka rute Ampana-Denpasar-Ampana yang telah dijajaki oleh Maskapai Garuda Indonesia.

Mahmud mengatakan dibukanya rute tersebut salah satunya untuk meningkatkan kunjungan turis asing ke Kabupaten Tojo Una-Una yang ibukotanya Ampana.

Bandara Tanjung Api yang berada di Kecamatan Ampana Tete itu diresmikan pada 19 Desember 2014 sejak dibangun dua tahun sebelumnya.

Sebelumnya, Bupati Tojo Una-Una Damsik Ladjalani mengatakan Bandara Tanjung Api itu akan memiliki berbagai fasilitas yang tidak kalah dengan Bandara Mutiara SIS Al Jufri Kota Palu."Bahkan nantinya akan dibangun kolam ikan dan ruang santai untuk pijat," kata Damsik.

Ia mengatakan di lingkungan Bandara tersebut juga akan dibangun hotel agar memudahkan penumpang yang akan melanjutkan perjalanan ke berbagai daerah.

Bandara Tanjung Api yang berada di Kecamatan Ampana Tete tersebut memiliki landasan pacu sepanjang 1.850 x 30 meter.

Untuk tahap selanjutnya landasan pacu bandara tersebut akan ditambah hingga sepanjang 2.050 meter.

Damsik mengatakan keberadaan Bandara Tanjung Api salah satunya bertujuan untuk memudahkan kunjungan masyarakat dari luar daerah ke Kabupaten Tojo Una-Una.

Selama ini cara untuk menuju ke Kabupaten Tojo Una-Una dari berbagai daerah hanya bisa ditempuh menggunakan jalur darat dan laut. Apabila ditempuh dari Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, menuju Kabupaten Tojo Una-Una dari jalur darat, membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

 Dia juga berharap dengan adanya bandara tersebut kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tojo Una-Una akan meningkat.

 Kabupaten tersebut selama ini memiliki wisata andalan, yakni panorama bawah laut di Kepulauan Togean. (skd)