Menhub Akan Tinjau Pembangunan Pelabuhan Belang-Belang

id menhub

Menhub Akan Tinjau Pembangunan Pelabuhan Belang-Belang

Menteri Perhungan Ignasius Jonan (antaranews)

Jika tidak ada kendala maka Menhub bersama rombongan akan tiba, Minggu (29/3), melalui Bandara Tampa Padang Mamuju
Mamuju, 28/3 (Antara) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan bertandang ke Mamuju, ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, guna meninjau progres pelaksanaan pembangunan kawasan Pelabuhan Belang-Belang.

"Jika tidak ada kendala maka Menhub bersama rombongan akan tiba, Minggu (29/3), melalui Bandara Tampa Padang Mamuju," kata Plt Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Jamil Barambangi di Mamuju, Sabtu.

Menurutnya, kepastian kedatangan Menteri Perhubungan yang pernah dijuluki 'Si Gila' karena kegilaan kerjanya saat memimpin PT Kereta Api Indonesia itu sebagaimana hasil konfirmasi dari tim Kemenhub.

Jamil menjelaskan, setelah tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Iganatius Jonan bersama rombongan akan langsung ke lokasi Pelabuhan Belang Belang dan kemudian bergerak ke Mamuju untuk menginap.

"Usai melakukan pertemuan maka rombongan Menteri akan melanjutkan perjalanan ke Kota Palu, Sulawesi Tengah," ungkap Jamil.

Ia berharap, kedatangan rombongan Menteri akan ikut mendorong percepatan pembangunan kawasan Pelabuhan Belang-Belang maupun pembangunan transportasi udara di daerah ini.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun dermaga III di Pelabuhan Belang Belang Kabupaten Mamuju dengan target selesai pada 2016.

Sebelumnya, Kepala Bidang Laut Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi Provinsi Sulbar, Nicolas Terano mengatakan dermaga III yang dibangun sejak tahun 2014 di Pelabuhan Belang Belang Mamuju akan rampung pekerjaannya pada 2016.

"Pelabuhan Belang Belang Mamuju saat ini memiliki dua dermaga dengan kapasitas 1.000 ton. Selain itu memiliki 2 gudang penampungan barang dengan luas lahan 5 hektare," katanya.

Menurut dia, Pelabuhan Belang Belang Mamuju telah menjadi pelabuhan bongkar muat barang potensi daerah ini, untuk memaksimalkan perdagangan di jalur laut guna mendorong pembangunan ekonomi.

Oleh karena itu, pemerintah kembali akan membangun dermaga III yang disiapkan untuk pembangunan pelabuhan peti kemas menggunakan anggaran APBN.

"Dermaga ketiga akan mampu menampung sumber daya alam Sulbar yang akan diperdagangkan ke luar daerah. Dengan pembangunan infrastruktur tersebut maka daerah ini diharapkan akan semakin maju ekonominya," katanya. (skd)