Pagu Dana Desa Sigi Capai Rp60 Miliar

id desa

Pagu Dana Desa Sigi Capai Rp60 Miliar

Ilustrasi (antaranews)

Dana sebesar itu akan diperuntukan bagi 176 desa yang tersebar 15 kecamatan di Kabupaten Sigi
Palu,  (antarasulteng.com) - Pagu alokasi dana desa (ADD) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada 2015 mencapai Rp60 miliar, kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa di daerah itu, Nahon Sango.

"Dana sebesar itu akan diperuntukan bagi 176 desa yang tersebar 15 kecamatan di Kabupaten Sigi," katanya di Palu, Selasa.

Ia mengatakan dana desa ditranfer langsung ke rekening desa.

"Jadi yang menerima dan mengelola dana, sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing desa," katanya.

Sementara pemerintah kabupaten dalam hal ini, BPMPD selaku badan yang akan mengawasi penggunaan dan pelaksanaan kegiatan. Sedangkan pengguna dana yakni desa harus mempertanggungjawabkan pemanfaatan anggaran untuk semua jenis kegiatan yang akan dilaksanakan.

Nahon juga mengatakan untuk pembagian ke setiap desa, nilainya dipastikan tidak akan sama satu sama lainnya.

Pembagian dana desa ke masing-masing desa di Kabupaten Sigi, besar-kecilnya anggaran yang dialokasikan tergantung dari beberapa indikator.

Indikator dimakusd antara lain jumlah penduduk, luas wilayah, geografis dan wilayah tersulit.

Mengingat dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) nilainya per desa cukup besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Nahon berharap dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Dia juga menambahkan sistem pencairan dana tentu mengacu pada mekanismen yang telah ditetapkan. Setiap desa harus membuat yang namanya rencana kerja anggaran (RKA) dan Pembangunan Jangka Menengah Desa (PJMD).

Karena itu, harus didahului melalui musyawarah desa dengan melibatkan semua unsur kompenen masyarakat yang ada di masing-masing desa.

Dengan semakin besarnya dana desa yang dialokasikan pemerintah pusat sangat diharapkan permasalah-permasalah yang ada di desa sudah dapat diatasi.

Begitu pula, tingkat perekonomian masyarakat desa semakin membaik dari tahun ke tahun karena pemerintah berupaya untuk membangun infranstruktur yang lebih memadai guna pemerataan pembangunan dan masyarakat semakin sejahtera.

Kabupaten Sigi cukup unik karena menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Sulteng yang tidak memiliki laut.

Tiga sektor andalan Kabupaten Sigi adalah sektor pertanian, perkebunan dan pariwisata. (skd)