41 Siswa SMA Palu Ikut Ujian Susulan

id unas

41 Siswa SMA Palu Ikut Ujian Susulan

ILustrasi (antaranews)

Naskah ujian susulan tetap sama seperti yang diujikan pada UN
Palu,  (antarasulteng.com) - Sebanyak 41 siswa yang sakit pada pelaksaan Ujian Nasional di Kota Palu, Sulawesi Tengah terpaksa mengikuti ujian susulan tingkat SMA dan sederajat yang dilaksanakan pada 20-22 April 2015.

"Mereka tetap berhak mengikuti ujian susulan karena tidak bisa ikut Ujian Nasional (UN) yang berlangsung serentak pada 13-15 April 2015 karena alasan sakit," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Palu Rustam Akkas di Palu, Senin.

Ia mengatakan para peserta ujian susulan terdiri atas siswa SMA dan juga SMK.

"Naskah ujian susulan tetap sama seperti yang diujikan pada UN," katanya.

UN susulan hanya diberikan kepada siswa yang sakit dan harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter atau rumah sakit.

"Bahkan untuk membuktikan, kita cek lagi apa benar bersangkutan memang sakit sehingga tidak bisa ikut UN," kata Rustam.

Ia juga mengatakan sesuai data Dikbud Palu, jumlah peserta UN tingkat SMA dan sederajat di Kota Palu yang telah berakhir pekan lalu tercatat 6.200 siswa.

Sementara itu, pelaksanaan UN pekan lalu dinilai berjalan lancar, tertib dan dijamin jujur.

Namun Rustam tetap menyatakan pelaksanaan UN 2015 masih memiliki berbagai kekurangan terutama dalam hal naskah UN.

Distribusi naskah UN pada hari pertama dan kedua masih diwarnai masalah kekurangan soal, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia dan juga ada soal yang tertukar.

Rustam mencontohkan adanya kasus ujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, tetapi yang datang atau diterima peserta adalah soal untuk mata pelajaran matematika.

Namun panitia disebutnya bisa bergerak cepat untuk mengatasi permasalahan tersebut dan membagikan naskah soal yang sesuai. (skd)