Kapolri Katakan Sidang Wanjakti Digelar Hari Ini

id kapolri

Kapolri Katakan Sidang Wanjakti Digelar Hari Ini

Ilustrasi. Pelantikan Kapolri Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti (kiri) dan Isteri Ny. Tejaningsih Haiti (tengah) usai pengucapan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/4).( ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (antarasulteng.com) - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan bahwa sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) digelar hari Selasa ini (21/4).

"Insya Allah hari ini," kata Badrodin, di Jakarta, Selasa.

Pihaknya mengakui bahwa pada Jumat (17/4) telah diadakan sidang Wanjakti. Kendati demikian, keputusan nama calon kapolri belum final karena anggota Wanjakti yang hadir saat itu belum lengkap.

Karena itu, sidang bakal dilanjutkan hari ini.

Ia mengatakan seluruh jenderal bintang tiga Polri dicalonkan dalam sidang Wanjakti di antaranya Komjen Pol Boy Salamuddin, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Dwi Priyatno, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komjen Pol Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Djoko Mukti Haryono dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Budi Waseso.

Terkait adanya isu bahwa Komjen Budi Gunawan yang terpilih sebagai wakapolri, Badrodin membantahnya. "Belum," katanya.

Ia menyerahkan pemilihan nama wakapolri yang akan menjadi pendampingnya kepada Wanjakti.

Pihaknya juga tidak mempersoalkan sosok yang bakal menjadi wakapolri nanti, termasuk jika BG yang akhirnya terpilih sebagai wakapolri.

"Status tersangkanya kan sudah dianulir oleh praperadilan. Dan saat ini kasus (BG) sedang diselidiki ulang di Bareskrim apakah ada unsur pidananya atau tidak," katanya.

Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) dalam rilisnya memberikan selamat atas terpilihnya Komjen Budi Gunawan sebagai Wakapolri dalam sidang Wanjakti Plus yang dihadiri seluruh komjen, sejumlah irjen serta para kapolda, beberapa hari lalu.

"Informasi yang diperoleh IPW dalam Wanjakti Plus itu internal Polri sangat solid dan semua jenderal yang ikut Wanjakti Plus menandatangani persetujuan Komjen Budi Gunawan menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Badrodin Haiti yang diangkat presiden menjadi kapolri," kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane.

Menurut Neta, hasil Wanjakti Plus itu juga sudah dilaporkan kepada Presiden Jokowi. Untuk itu IPW berharap Mabes Polri segera mengumumkan dan melantik BG sebagai Wakapolri yang baru.  (skd)