Furkanuddin Masulili Penjabat Bupati Banggai Laut

id banggai laut

Furkanuddin Masulili Penjabat Bupati Banggai Laut

Gubernur Longki Djanggola (kiri) menyerahkan SK Mendagri kepada Furkanuddin Masulili usai pelantikan dan pengambilan sumpah penjabat Bupati banggai Laut di Kantor Gubernur Sulteng di Palu, Kamis (23/4) (antarasulteng.com/rolex malaha)

Tugas pokok penjabat bupati Banggai Laut saat ini adalah menyelenggarakan pemerintahan dan memfasilitasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif.
Palu (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs H. Longki Djanggola, MSi di Palu, Kamis, melantik dan mengambil sumpah Furkanuddin Masulili sebagai Penjabat Bupati Banggai Laut menggantikan Muhammad Hidayat Lamakarate yang telah habis masa jabatannya selama dua tahun.

Furkanuddin saat ini menjabat Sekda Banggai Laut, sedangkan Hidayat Lamakarate ditarik kembali ke Pemprov Sulteng untuk menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Gubernur.

Sebelum menjadi penjabat Bupati Banggai Laut pada April 2013, Hidayat menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan Kota Palu.

Kabupaten Banggai Laut adalah daerah kabupaten baru di Sulteng hasil pemekaran Kabupaten Banggai Kepulauan dan ditetapkan sebagai daerah otonom baru pada 2013.

Kabupaten ini baru akan melaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah saat Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Sesuai ketentuan undang-undang pemerintahan daerah, seorang penjabat bupati hanya bisa menduduki jabatan itu selama dua tahun, sehingga Hidayat Lamakarate yang sudah menjabat selama dua tahun terakhir harus meninggalkan jabatan itu.

Longki Djanggola mengemukakan, tugas pokok penjabat bupati Banggai Laut saat ini adalah menyelenggarakan pemerintahan dan memfasilitasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Penjabat bupati, kata Longki, harus menjaga dirinya dan PNS di bawahnya agar tetap netral dalam pelaksanaan Pilkada. Karena itu penjabat bupati tidak boleh maju menjadi calon bupati atau wakil bupati agar dirinya bisa bertindak adil dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon.

Gubernur menilai Hidayat Lamakarate berhasil memimpin Banggai Laut selama dua tahun terakhir yang antara lain ditunjukkan dengan terbentuknya seluruh organisasi perangkat daerah dan DPRD Banggai Laut dalam suasana tenteram serta stabilitas politik dan keamanan yang mantap. (R007/S027)