Gerindra Sulteng Tidak Buka Pendaftaran Calon Wagub

id gerindra

Gerindra Sulteng Tidak Buka Pendaftaran Calon Wagub

Ketua DPD Gerindra Sulteng Longki Djanggola (tengah) saat mendampingi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Palu, beberapa waktu lalu. (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)

...figur calon wagub akan ditentukan oleh hasil survei yang sedang dilaksanakan, kat Longki.
Palu (antarasulteng.com) - Partai Gerindra Sulawesi Tengah tidak akan membuka pendaftaran bakal calon wakil gubernur yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng pada Desember mendatang.

"Gerindra tidak membuka pendaftaran karena figur calon wagub akan ditentukan oleh hasil survei yang sedang dilaksanakan," kata Ketua DPD Gerindra Sulteng Drs H. Longki Djanggola, MSi di Palu, Kamis.

Ketika ditanya apakah figur bakal calon wagub yang akan mendampingi dirinya pada pilkada serentak nanti adalah kader Gerindra sendiri atau kader dari partai lain, Longki mengatakan, "tunggu saja hasil survei, nanti komiu (anda-red) pasti tau sendiri."

Longki yang juga Gubernur Sulteng itu belum memastikan kapan figur bakal calon wagub akan diumumkan Gerindra.

"Sabar...sabar," katanya.

Terkait calon partai koalisi yang akan digandeng Gerindra dalam pilkada nanti, Longki juga belum mau berkomentar.

"Yang jelas Gerindra tidak bisa maju sendiri mengusung calonnya dalam pilkada nanti karena jumlah kursi yang diraih Gerindra di DPRD tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan undang-undang, jadi harus berkoalisi," ujarnya.

Soal partai mana yang akan menjadi mitra koalisi Gerindra, Longki mengatakan masih terus digalang.

Partai Gerindra meraih enam kursi di DPRD Sulawesi Tengah pada Pemilu 2014, sedangkan untuk bisa mengajukan satu pasangan calon gubernur/wagub dalam pilkada, partai pengusung harus memiliki minimum sembilan kursi di DPRD.

Gubernur Longki Djanggola dan Wagub H. Sodarto sebenarnya baru akan mengakhiri masa jabatan mereka periode 2011-2016 pada 17 Juni 2016, namun sesuai ketetapan KPU Pusat, Pilgub Sulteng akan dilaksanakan secara serentak dengan delapan kabupaten/kota pada 9 Desember 2015.

Kedelapan kabupaten kota yang akan menggelar pilkada itu adalah Kota Palu, kabupaten Sigi, Poso, Tolitoli, Tojo Unauna, Banggai, Bangga Laut dan Morowali Utara.

Menurut Longki, pilkada serentak siap dilaksanakan di semua daerah. Soal anggaran tidak ada masalah karena semua bupati/wali kota sudah mengalokasikannya dalam APBD, termasuk anggaran pilgub sudah disepakati sebesar Rp135 miliar, katanya tegas.

Terkait anggaran pilgub tersebut, Longki Djanggola mengatakan akan ditetapkan dengan peraturan gubernur (Pergub) kemudian pergub tersebut diajukan ke DPRD untuk dimintakan persetujuan, bukan untuk dibahas.

"Jadi sesuai ketentuan Menteri Dalam Negeri, Pergub diajukan ke DPRD bukan untuk dibahas, tetapi untuk memintakan persetujuan. Pembahasannya nanti saat membahas APBD Perubahan, karena alokasi anggaran pilkada lewat Pergub itu akan dimasukkan dalam APBD Perubahan 2015," ujarnya. (R007/N005)