PDIP Segera Lakukan Uji Kepatutan Bacabup/bacawali

id pdip

PDIP Segera Lakukan Uji Kepatutan Bacabup/bacawali

PDI Perjuangan (antaranews)

Rencananya tanggal 6 Mei sudah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan. Ini dilaksanakan pengurus DPP di Jakarta
Palu,  (antarasulteng.com). - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan bakal calon bupati/wali kota se- Sulawesi Tengah di Dewan Pimpinan Pusat partai itu.

"Rencananya tanggal 6 Mei sudah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan. Ini dilaksanakan pengurus DPP di Jakarta," kata Sekretaris DPD PDIP Sulawesi Tengah Matindas J Rumambi di Palu, Kamis, menanggapi tahapan penetapan bakal calon yang diusung partai tersebut pada pilkada serentak di Sulawesi Tengah akhir 2015.

Mantan Ketua DPC PDIP Kota Palu itu mengatakan selain uji kepatutan dan kelayakan, para bakal calon kepala daerah yang mendaftar juga akan mengikuti tes psikologi.

Dia mengatakan uji kepatutan dan kelayakan bagi calon bupati/wali kota dilakukan lebih awal karena jumlahnya banyak dari seluruh Indonesia sementara untuk bakal calon gubernur lebih sedikit.

"Jadwal uji kepatutan dan kelayakan calon gubernur akan menyusul karena lebih kecil jumlahnya," katanya.

Matindas mengatakan khusus untuk Kota Palu, ada enam orang bakal calon yang akan diuji.

Mereka adalah Hapsa Yanti Ponulele (anggota DPRD Sulteng dari Partai Nasdem), Hidayat (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sulteng), Hadiyanto Rasyid (Ketua DPD Hanura dan anggota DPRD Provinsi), Rahman Kasim (pengacara) dan Sigit Purnomo Said alias Pasha (Vokalis Band Ungu).

Menurut Matindas, siapapun yang akan ditetapkan nantinya semua tergantung dari keputusan DPP PDIP.

"Termasuk bakal calon wakil bupati/wali kota akan ditentukan di DPP," katanya.

Menurut rencana pemilihan kepala daerah serentak akan dilaksanakan di delapan kabupaten dan kota yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Tolitoli, Poso, Morowali Utara, Tojo Unauna, Banggai dan Banggai Laut 

Selain itu juga akan dilakukan pemilihan gubernur Sulawesi Tengah. (skd)