1.000 'Homestay' Disiapkan Untuk Sail Tomini 2015

id sail tomini

1.000 'Homestay' Disiapkan Untuk Sail Tomini 2015

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong, Mawardin, SE.MSi (Antarasulteng.com/Rolex Malaha)

Rumah-rumah penduduk itu akan disewakan, dan mengenai tarif setiap kamar `homestay` akan ditetapkan dengan peraturan bupati (Perbub).
Parigi, Sulteng, (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyiapkan 1.000 kamar penginapan di rumah-rumah penduduk (homestay) untuk para tamu dan pengunjung Sail Tomini 2015 dari luar Kota Parigi, ibu kota kabupaten tersebut.

"Sekarang ini sudah kami data 300 rumah dengan 700-an kamar yang siap digunakan. Dalam waktu beberapa pekan mendatang, kami akan menambahnya menjadi minimal 1.000 kamar," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong, Mawardin, SE.MSi yang ditemui di Parigi, Jumat.

Kabupaten Parigi Moutong ditetapkan menjadi tuan rumah Sail Tomini 2015 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2014 dengan puncak acara di Pantai Pangi, Kecamatan Parigi Utara, sekitar 75 kilometer sebelah barat Kota Palu yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sail Tomini ini, kata Mawardin, akan dikunjungi sekitar 10.000-an orang baik sebelum, selama dan pascaacara puncak, sehingga membutuhkan banyak sekali kamar penginapan untuk akomodasi para tamu.

"Hotel dan penginapan kita di Parigi sangat terbatas, karena itu, Bapak Bupati sudah memerintahkan kami untuk mendata rumah-rumah penduduk yang bisa diinapkan mulai dari Desa Toboli, Kecamatan Parigi Utara sampai Torue, Kecamatan Parigi Selatan," ujarnya.

Rumah-rumah penduduk itu akan disewakan, dan mengenai tarif setiap kamar `homestay` akan ditetapkan dengan peraturan bupati (Perbub).

"Yang jelas tarifnya tidak memberatkan pengunjung, tetapi tetap memadai bagi pemilik rumah, karena target kami adalah perhelatan internasional bidang kelautan ini juga bisa menggerakkan ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal," tukasnya.

Setelah semua kamar "homestay" terdata, kata Mawardin, pihaknya akan menyerahkan data tersebut ke sekretariat panitia penyelenggara Sail Tomini, sehingga semua pihak yang membutuhkan sarana akomodasi terkait Sail Tomini, bisa berhubungan dengan sekretariat panitia di Kota Parigi.

Mengenai kapan kamar-kamar homestay itu siap pakai, Mawardin berharap bisa dimanfaatkan setelah acara peluncuran ("grand launching") Sail Tomini 2015 diluncurkan di Jakarta pada 5 Mei 2015.

Selain homestay untuk pengunjung, panitia Sail Tomini tingkat Kabupaten Parigi Moutong juga harus mempersiapkan 200 rumah untuk peserta tur Kapal Pemuda Nusantara yang akan melakukan kegiatan selama tiga hari di Kota Parigi bertepatan dengan puncak acara Sail Tomini 2015.

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu juga memerintahkan seluruh Kepala Dinas (SKPD) untuk mempersiapkan dua homestay tiap SKPD untuk menampung tamu-tamu SKPD bersangkutan dari tingkat provinsi dan pusat yang berkunjung ke Parigi terkait urusan Sail Tomini.

Mawardin menjelaskan, setelah semua `homestay` terdata dan ditetapkan, Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong dijadwalkan akan turun langsung melakukan sosialisasi kepada para pemilik tempat menginap tersebut, yang akan dilaksanakan di setiap kecamatan. (T.R007/C004)