BPBD Sigi Waspadai Cuaca Ekstrem

id bpbd

BPBD Sigi Waspadai Cuaca Ekstrem

Ilustrasi (antara)

Saya imbau masyarakat untuk hati-hati karena dalam kondisi cuaca ekstrim sering terjadi banjir dan tanah longsor
Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mewaspadai adanya cuaca ekstrem melanda di Sulawesi Tengah hari ini sebab daerah itu sering terjadi banjir dan tanah longsor.

"Kami meningkatkan siaga karena daerah kami termasuk rawan bencana alam," katanya Kepala BPBD Sigi, Resmin Rasse di Palu, Selasa.

Karena itu, katanya, sudah sewajarnya jika Pemkab Sigi memberikan perhatian serius terhadap kemungkinan bencana apalagi banyak desa di yang dekat dengan sungai dan di perbukitan.

Saat cuaca ekstrem terjadi, BPBD Sigi terus memantau dan mempersiapkan logistik serta kebutuhan lainnya jika terjadi bencana.

Menurut dia, logistik dan bahan makanan di gudang BPBD Sigi cukup memadai dan langsung bisa disalurkan jika terjadi bencana alam.

"Saya imbau masyarakat untuk hati-hati karena dalam kondisi cuaca ekstrim sering terjadi banjir dan tanah longsor," katanya.

Beberapa tahun terakhir ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Sigi diguncang gempa bumi, bencana alam banjir dan tanah longsor.

Ribuan rumah rusak dan sejumlah warga meninggal dunia dan mengalami luka-luka. (skd)