Pionir Nasional Ditutup Sabtu Malam

id pionir

Pionir Nasional Ditutup Sabtu Malam

Ilustrasi (Adha Nadjamudin)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) VII antarperguruan tinggi keagamaan Islam negeri se-Indonesia akan ditutup Sabtu malam oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim diwakili Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Ketua Panitia Pelaksana Muhtadin Dg Mustafa, Sabtu, mengatakan Pionir tersebut akan dipusatkan di panggung utama pertunjukan yang selama Pionir berlangsung menjadi pusat kegiatan seni.

Muhtadin mengatakan acara penutupan tersebut akan dirangkai dengan penerimaan hadiah bagi peserta yang mengikuti karnaval budaya saat pembukaan Pionir 18 Mei 2015.

"Ada lima pemenang yang akan kami berikan piala terbuat dari kayu ebony, kayu khas Sulawesi Tengah. Mereka sudah tampil berkontribu dalam karnaval budaya," katanya.

Selain itu Kementerian Agama juga akan menyerahkan dana pembinaan kepada tiga perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang menang dalam kompetisi Pionir.

"Mengenai jumlahnya itu hanya Kemenag yang tahu," katanya.

Muhtadin mengatakan sebagai acara hiburan, panitia akan menampilkan para pemenang satu, dua dan tiga pop solo Islami.

Pada Pionir VII kali ini IAIN Banten dipastikan akan keluar sebagai juara umum dengan memboyong sembilan medali emas. Umumnya kemenangan Banten dari cabang catur dari 12 kategori.

Pada Pionir VI 2013 IAIN Banten juga meraih juara umum sebagai tuan rumah pelaksanaan Pionir ketika itu.

Di urutan kedua, ditempati tuan rumah IAIN Palu dengan tujuh emas, dua perak, dua perunggu.

Sementara di urutan ketiga masih bersaing antara UIN Jakarta dengan IAIN Palopo.

Sebagian dari 53 kontingen perguruan tinggi keislaman negeri sudah pulang kampung sejak tiga hari pelaksanaan Pionir berlangsung. (skd)