Presiden Jokowi Buka Rakornas VI TPID 2015

id Jokowi

Presiden Jokowi Buka Rakornas VI TPID 2015

Presiden terpilih Joko Widodo (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Jakarta, (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka dan memimpin Rapat Koordinasi Nasional VI Tim Pengendali Inflasi Daerah (Rakornas VI TPID) 2015 di Jakarta, Rabu. 

"Merupakan kehormatan bagi kita karena Bapak Presiden berkenan hadir bukan hanya membuka tapi memimpin sendiri rapat ini," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. 

Dalam acara yang dihadiri pemerintah daerah seluruh Indonesia, Presiden Jokowi tampak mengenakan kemeja warna gelap. Gubernur BI mengatakan dari lima kali Rakornas TPID, baru Rakornas VI itu yang dipimpin langsung oleh Presiden. "Tahun 2014 telah dilewati dengan inflasi terkendali satu digit yaitu 8,36 persen di tengah tekanan pasca kebijakan reformasi subsidi energi," kata Agus. 

Ia menyebutkan laju inflasi itu lebih rendah dibanding 2013 yang mencapai 8,38 persen. Namun dibanding negara tetangga, inflasi di Indonesia masih lebih tinggi. 

Misalnya, pada April inflasi Indonesia mencapai 6,79 persen. Angka itu lebih tinggi dibanding Thailand yang minus 1,0 persen dan Filipina 2,2 persen. 

Rakornas VI TPID 2015 itu mengambil tema Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Stabilisasi Harga Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pembenahan Tata Niaga di Daerah.(skd)